ikut bergabung

Tahun Ini, Kabupaten Takalar Punya 11 Desa Baru


Tim penataan Pemprov Sulsel diwakili Plt Kepala Dinas PMD Sulsel, Drs. Muh Saleh, MSi menyerahkan Surat permohonan Kode Desa untuk 11 Desa Perisapan Kabupaten Takalar ke Kementerian Dalam Negeri

Sulsel

Tahun Ini, Kabupaten Takalar Punya 11 Desa Baru

JAKARTA, UJUNGJARI–Terobosan program penataan Desa atau pemekaran Desa yang menjadi atensi Bupati Takalar, Syamsari Kitta, dalam waktu dekat akan segera terealisasi.

Proses pemekaran 11 desa di Kabupaten Takalar, saat ini sudah berada pada tahap akhir, yakni penerbitan Kode Desa oleh Kementerian Dalam Negeri.

Program penataan desa di Takalar, sejak tahun 2020 telah mengusulkan 11 Desa Persiapan untuk dimekarkan. 11 desa ini tersebar di enam Kecamatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar, H. Muh Hasbi S.STP, MAP yang dikonfirmasi menegaskan, Pemkab Takalar lagi berjuang untuk 11 desa persiapan agar bisa mendapatkan kode desa dari Kementerian Dalam Negeri. Selain 11 desa persiapan, kata Muh Hasbi, Pemkab Takalar juga mengusulan pemekaran dua kecamatan baru yaitu Kecamatan Laikang dan Kecamatan Polongbangkeng Timur. Saat ini, persiapan dua kecamatan baru itu, dalam tahap perbaikan pemberkasan, salah satunya penyamaan persepsi soal tapal batas antar kabupaten untuk kecamatan yang berbatasan langsung dengan kabupaten tetangga.

“Semoga apa yang kita rencanakan ini bisa segera terealisasi. Intinya, usulan ini untuk kesejahteraan masyarakat Takalar,” tandas Muh Hasbi.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Takalar, Ardiyanto Radjab yang dihubungi mengaku sedang berada di Jakarta. Dia mengatakan, setelah dilakukan proses verifikasi dokumen kelayakan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel, 11 Desa di Takalar yang diusulkan mekar tersebut, dianggap layak. 11 desa itu kemudian diajukan ke Kementerian Dalam Negeri untuk dimintakan kode Desa.

Baca Juga :   ASN Soppeng Diharap Jadi Panutan Masyarakat

Kamis, 03 pebruari 2022, Tim penataan Pemprov Sulsel diwakili Plt Kepala Dinas PMD Sulsel, Drs. Muh Saleh, MSi mengantar langsung Surat permohonan Kode Desa ke Kementerian Dalam Negeri. Plt Kepala Dinas PMD didampingi oleh Ketua DPRD Takalar, Ketua Komisi 1 DPRD Takalar, Asisten Pemerintahan Setda Takalar dan Plt Kadis Sosial PMD Takalar. Rombongan pejabat yang tiba di Jakarta ini, diterima langsung oleh Dirjen Bina Pemdes Kemendagri.

Dirjen Bina Pemdes mengatakan, 11 Dokumen Desa persiapan kami terima dan akan menindak lanjuti sesui ketentuan yang berlaku.

Di tempat yang sama, Plt Dinas PMD Sulsel, menyampaikan, semoga 11 Desa persiapan yang kita serahkan hari ini bisa menjadi kado terindah buat HUT Takalar pada 10 Februari 2022 mendatang. (cha)

dibaca : 80



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top