ikut bergabung

Lahan Jalur Kerta Api Garongkong Bermasalah


Sulsel

Lahan Jalur Kerta Api Garongkong Bermasalah

BARRU, UJUNGJARI.COM — Pihak Perkeretaapian mengklaim masih ada sekitar 5 hektar lahan jalur kereta api dijalur pelabuhan Garongkong bermasalah.

Hal ini diakui Zulmafendi, Sekretaris Dirjen Perkeretapian Kemenhub saat melakukan kunjungan kerja di kabupaten Barru, Rabu (26/1).

Meski demikian, Zulmafendi merasa gembira karena hampir setiap pekan, semua Bupati yang wilayahnya dilalui jalur kereta api selalu aktif melakukan komunikasi terkait dengan beberapa persoalan yang berhubungan dengan perkeretaapian.

Dalam kunkernya di Barru, Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Zulmafendi disambut langsung Bupati Barru Suardi Saleh, si rumah jabatan Bupati.

Bupati Barru Suardi Saleh menyampaikan selamat datang rombongan Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan di Kabupaten Barru.

“Tentu ini membawa berkah bagi Barru sebab terkait agenda ini sesegera mungkin masalah terkait  perkereatapian terutama pembebasan lahan segera terselesaikan dengan yang diharapkan,” ujar Suardi.

Kabupaten Barru adalah salah satu Kabupaten yang berada pada pesisir barat Propinsi Sulawesi Selatan, dengan luas wilayah 1.174.72 km2 berjarak lebih kurang 100 km sebelah utara Kota Makassar dan 50 km sebelah selatan Kota Parepare dengan garis pantai sepanjang 78 km.

Daerah yang terdiri dari 7 Kecamatan, 15 Kelurahan dan 40 desa ini memiliki jumlah penduduk sebesar 173.683 jiwa.

“Keberadaan Pelabuhan Garongkong dirancang untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sulawesi Selatan, jika sekiranya progres perkeretapian ini tuntas maka Barru ini terus maju dan berkembang,” urainya.

Baca Juga :   Tim Gabungan TNI Polri Intens Sosialisasikan Perbup Penanganan Covid-19

Namun, dirinya yang diamanahkan menakhodai  Pemerintah Kabupaten Barru diperiode Keduanya, terus berupaya memberikan dorongan dan semangat agar Daerah Barru terus maju dan sejahtera.

Sementara itu Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulmafendi menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Barru yang berkenan menerima kunjungan ini.

Mengenai kondisi lahan yang masih bermasalah, Dirinya mengaku gembira karena setiap pekan Bupati di  Sulawesi Selatan selalu berkomunikasi untuk hal yang menjadi persoalan untuk diselesaikan.

“Khusus  pengadaan lahan untuk kawasan konsolidasi kereta api yang terintegrasi dengan pelabuhan Garongkong sekira 5 hektar tinggal menunggu penyelesaian administrasinya saja,” bebernya Zulmafendi.

Ia menyebutkan bahwa hasilnya akan dilaporkan ke Menteri Perhubungan di Jakarta.

dibaca : 61

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top