ikut bergabung

Poros Malino Kembali Dikucuri Pusat Rp25 M


Sulsel

Poros Malino Kembali Dikucuri Pusat Rp25 M

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebesar Rp 25 miliar telah dikucurkan pemerintah pusat untuk Kabupaten Gowa. Anggaran pusat ini diberikan untuk pelebaran jalan poros Malino Kabupaten Gowa sepanjang 5 Km.

Soal injeksi pusat ini disampaikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menyapa warga Kecamatan Tinggimoncong dalam rangkaian kunjungan kerjanya di 18 kecamatan di tahun 2019 ini. Kunjungan yang dipusatkan di Kelurahan Bontolerung tersebut dilakukan sejak Jumat (5/4/2019) usai melakukan hal sama di Desa Bolaromang, Kecamatan Tombolopao.

Bantuan Rp 25 miliar tersebut menurut Adnan adalah wujud perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat Gowa.

Pelebaran jalan poros Malino ini juga sebagai upaya dalam menunjang target Pemkab Gowa untuk menjadikan Malino sebagai destinasi wisata nasional. Olehnya, perbaikan infrastruktur jalan tersebut memang sangat dibutuhkan.

“Jika ini dilakukan kita yakin dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke Malino setiap tahunnya. Termasuk pada perhelatan agenda wisata Beautiful Malino tahun ketiga yang akan kita gelar pada Juli nanti,” kata Bupati Adnan.

Menurutnya, pelebaran jalan poros Malino ini dapat mengurangi jarak tempuh dari Makassar ke Malino, yang sebelumnya membutuhkan jarak tempuh waktu dua jam, tapi dengan membuka akses jalan ini lebih memadai sehingga diestimasi jarak tempuh ke Malino bisa ditempuh hanya dalam 45 menit saja.

“Tahun lalu kita juga telah merevitalisasi jalan poros Malino dengan anggaran Rp 75 miliar dari Kementrian PUPR untuk pelebaran sepanjang 15 Km dan sekarang kita dikucuri lagi Rp 25 miliar,” jelas Adnan.

Baca Juga :   Askar-Pipink Mulai Jalankan Program ASIK Preneur

Terpisah Camat Tinggimoncong Andry Mauritz menyebutkan, sejumlah pembangunan infrastruktur yang telah dikerjakan di 2018 lalu pada beberapa lokasi di Kecamatan Tinggimoncong, antara lain pengaspalan jalan poros Mamampang-Maros, Kelurahan Garassi sepanjang 5 Km, pengaspalan jalan poros Pallappassang, Kelurahan Gantarang 6 Km, pengaspalan Jalan Batulapisi Dalam dan tembus ke Jalan Karaeng Pado sepanjang 2 Km.

Kemudian pengaspalan Jalan Tassala Batulapisi Dalam sepanjang 2,5 Km, pengaspalan Jalan Tassala Batulapisi tembus Biring Panting sepanjang 2 Km, pengaspalan Jalan Patte’ne, Lembah Biru 300 meter, pengaspalan Jalan Biroro Topidi Kelurahan Malino, dan pengaspalan Jalan poros Parigi – Juwangga Desa Parigi sepanjang 3,1 meter. Selain itu pemerintah daerah juga menganggarkan biaya pemeliharaan di beberapa ruas jalan yang ada di Tinggimoncong. (saribulan)

dibaca : 41



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top