ikut bergabung

Beri Kuliah Umum, Dirjen Otda Kemdagri Minta UNM Bantu Tugas Pemda


KULIAH UMUM. Rektor UNM, Prof Husain Syam menyerahkan piagam kepada Dirjen Otda, Akmal Malik usai memberi kuliah umum di Menara Pinisi UNM, Sabtu (16/10).

Makassar

Beri Kuliah Umum, Dirjen Otda Kemdagri Minta UNM Bantu Tugas Pemda

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM-– Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Dr Akmal Malik meminta sivitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk terlibat membantu tugas Pemerintah Daerah (Pemda) agar produk hukum yang dihadirkan bermanfaat sampai ke masyarakat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Dr Akmal Malik usai menjadi narasumber dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh UNM Makassar di gedung Pinisi UNM, Sabtu, (16/10/2021).

“Kita meminta teman teman sivitas akademika UNM untuk bisa menjadi mentor dan menfasilitasi agar produk hukum di daerah betul-betul hadir di masyarakat” kata Akmal.

Akmal menambahkan banyaknya urusan yang dilakukan oleh Pemda dimana setiap urusan memiliki regulasi dalam bentuk Perda yang harus menyesuaikan dengan regulasi dari pusat mengharuskan setiap Pemda melibatkan peran civitas kampus agar produk hukum yang hadir tidak hanya sekedar formalitas semata.

“Jadi produk hukum itu tidak hanya sekedar hadir dalam bentuk formalitas saja, tapi regulasi itu hadir menjadi akselerasi terhadap kesejahteraan dan demokrasi kita” jelasnya

Sistem otonomi daerah, Lanjut Dr Akmal Malik tidak akan bisa berjalan berjalan dengan baik jika kampus tidak memberi dukungan penguatan baik dalam bentuk administrasi ataupun kelembagaan dalam proses pembangunan daerah.

“Otonomi daerah itu tidak bisa jalan kalau teman teman dari kampus tidak ikut serta memberikan dukungan dalam penguatan administrasi dan kelembaban, ini kuncinya di situ,” jelasnya.

Baca Juga :   Amalia Ramadan, IKA 96 Spendubels Makassar Kunjungi Panti Asuhan

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof.Dr.Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng mengaku sangat senang atas kesediaan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Dr. Akmal Malik meluangkan waktunya menjadi narasumber dalam kuliah umum yang telah menjadi program rutinitas UNM Makassar.

“Kita sangat berbahagia beliau bisa menyempatkan hadir di hari libur, dan bapak bisa hadir untuk sharing wawasan, ini saya kira luar biasa manfaatnya” ungkapnya

Prof Husain menambah Kuliah umum tersebut telah menjadi program rutinitas kampus untuk memberi penguatan kepada seluruh mahasiswa UNM baik dalam hal teori maupun praktek.

“Kuliah umum ini menjadi program rutinitas yang kita lakukan dalam rangka peningkatan IKU (Indeks Kinerja Utama) bagi UNM Makassar, dan pada kesempatan ini kita menghadirkan pihak kementerian Otonomi Daerah Akmal Malik, memang berkesesuaian dengan tema yang kita bahas” pungkasnya.

dibaca : 57



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top