ikut bergabung

Selain Swab Covid, Pemudik yang Melintas di Bantaeng Juga Bakal Dites Urine


Sulsel

Selain Swab Covid, Pemudik yang Melintas di Bantaeng Juga Bakal Dites Urine

BANTAENG, UJUNGJARI.COM –Pemerintah kabupaten Bantaeng benar-benar akan melakukan penyekatan sangat ketet untuk mencegah membeludaknya pemudik jelang lebaran idulfitri 1442 hijriah tahun ini.

Setiap pemudik yang melintas di perbatasan akan menjalani tes covid-19 swab antigen.

Pengetatan di perbatasan akan berlangsung 6-17 Mei 2021. Di Bantaeng, pengetatan akan dilakukan di dua tempat. Yakni di perbatasan Bantaeng-Jeneponto dan perbatasan Bantaeng-Bulukumba.

Selain tes covid, pemkab Bantaeng juga akan melakukan pemeriksaan urine bagi pemudik. Pemeriksaan urine dilakukan untuk mengetahui pemudik mengonsumsi narkoba atau obat terlarang atau tidak.

“Pemeriksaan tes urine narkoba dan rapid tes antigen ini dilakukan secara acak,” Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, Andi Ihsan, Rabu (5/5).

Ia menegaskan hanya beberapa kendaraan yang boleh melintas. Itu pun harus menunjukkan syarat tertentu. “Upaya ini dilakukan untuk menekan potensi aktivitas perpindahan dari suatu wilayah ke wilayah lainnya secara masif atau mudik selama periode lebaran. Ini untuk kebaikan kita bersama,” kata Andi.

Apabila ditemukan pengendara yang hasil rapid antigennya reaktif, maka akan diberikan tindakan tegas dan tidak akan dibiarkan memasuki wilayah Bantaeng.

Tindakan tegas diberikan lantaran saat ini Kabupaten Bantaeng sudah berada di zona kuning berdasarkan hasil rilis Kementerian Kesehatan RI.

“Kalau ditemukan positif, akan dilakukan koordinasi ke kabupaten asal, agar pergerakannya terkendali di kabupaten asalnya. Kita berada dalam zona kuning, posisi risiko rendah. Semoga ini bisa bertahan sampai seterusnya,” ucap Andi. (**)

Baca Juga :   RSUD Andi Makassau Bisa Tes Covid-19 Melalui Metode TCM

dibaca : 44



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top