ikut bergabung

Swab PCR Drive Thru di UPA, Hasilnya Langsung Diketahui dalam Empat Jam


Berita

Swab PCR Drive Thru di UPA, Hasilnya Langsung Diketahui dalam Empat Jam

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Klinik Utama Patria Lestari Universitas Patria Artha (UPA) melakukan sebuah terobosan yang inovatif dengan membuka layanan tes covid-19.

Klinik yang berlokasi di dalam kawasan kampus UPA Jalan Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa menawarkan layanan swab metode polymerase chain reaction
(PCR) untuk masyarakat dengan cara yang sangat praktis.

Tidak perlu turun dari kendaraan, petugas medis yang akan mendatangi Anda untuk mengambil spesimen yang selanjutnya akan diperiksa di laboratorim secara cepat dan akurat.

“Jadi orang tidak usah turun dari mobil, dipake itu aja, antigen atau apa semuanya. Untuk meminimalisir itu (penyebaran). Hasilnya lebih cepat,” kata Rektor UPA Makassar, Bastian Lubis.

Uji coba Laboratorium dan layanan tes swab PCR ini mulai dilakukan Selasa (16/3) dengan melibatkan sejumlah volunteer. Selanjutnya, setelah mendapat rekomendasi dari instansi terkait, akan dibuka untuk masyarakat umum.

Bastian mengatakan, seluruh peralatan laboratorium didatangkan langsung dari luar negeri. Tingkat akurasi pemeriksaan spesimen di laboratorium 99 persen.

Extraksinya didatangkan dari Korea Selatan, sedangkan deteksinya dari Jerman dan Amerika Serikat.

“Standarnya sudah standar paling bagus, karena mesinnya didatangkan dari Amerika, Jerman dan Korea. Jadi inilah pengembangan yang dilakukan Fakultas Kesehatan Universitas Patria Artha,” lanjut Bastian.

Bukan itu saja, hasil pemeriksaan spesimen bisa diperoleh dalam hitungan jam. Mulai 2,5 hingga 4 jam.

Baca Juga :   Banggar-TAPD Lanjutkan Pembahasan KUA-PPAS APBD Tana Toraja 2021

“Dalam proses bisa selesai 2,5 jam tapi kepastian dan vlaidasi bisa dikeluarkan dalam kurun waktu empat jam,” ungkapnya.

Sementara itu, Marketing Layanan Swab PCR Drive Thru Klinik Patria Lestari, Agung Supriana menyebut, tes usap drive thru ini tidak hanya menyasar masyarakat Makassar dan sekitarnya saja tapi juga terbuka untuk umum. Termasuk para pelancong dari luar negeri.

“Sebenarnya kalau pasien boleh dari mana saja. Bahkan kalau ada dari luar negeri datang ke Makassar. Sebelum kemana-mana bisa swab dulu untuk keperluan prokes,” tandas Agung.

Lebih lanjut, Agung menyebut, untuk hasilnya tidak butuh waktu lama. Lantaran, proses deteksi dan extraksi spesimen tidak lagi harus dibawah ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), melainkan diuji langsung di lab milik UPA.

“Langsung di tes disini karena ada lab disini. Karena memang alatnya ada disini. Alatnya ada satu, tapi kemampuan alatnya sekali running itu bisa 96 tes. Dalam dua jam bisa bisa menyelesaikan 96 pasien. Sebenarnya hasilnya bisa 2,5 jam diketahui,” tutup Agung. (*)

dibaca : 100



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top