ikut bergabung

Kaji Banjir Tahunan, Adnan Libatkan Tim Ahli Unhas 


Salah satu titik banjir dalam kota Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.(foto/ist)

Sulsel

Kaji Banjir Tahunan, Adnan Libatkan Tim Ahli Unhas 

GOWA, UJUNGJARI.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan tak menutup mata melihat kondisi sejumlah wilayah di Kabupaten Gowa yang rentang mengalami banjir.

Salah satu upayanya untuk menangani banjir yang setiap musim penghujan selalu ada yakni melibatkan tim ahli untuk mencari tahu penyebab dan penanganan banjir yang terjadi khususnya di wilayah kota Gowa yakni di Kecamatan Somba Opu.

Dikatakan Adnan, pemerintah kabupaten mendatangkan tim ahli dari Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk melakukan kajian penanganan banjir.

” Dalam mengatasi persoalan banjir di beberapa titik khususnya di Kecamatan Somba Opu kita datangkan ahli dari Fakultas Teknik Unhas untuk memberikan saran dan masukan dalam rangka penanganan banjir,” Adnan Purichta Ichsan, Minggu (14/3/2021).

Sebagai bentuk komitmen dalam melakukan penanganan banjir di wilayahnya, pihaknya akan melakukan refocusing khusus untuk penanganan banjir.

” Tentunya kita akan mencarikan solusi terbaik bagaimana agar masyarakat kita kedepannya tidak lagi resah dengan datangnya banjir saat musim penghujan seperti sekarang ini,” kata Adnan. 

Salah satu titik paling rawan banjir setiap kali hujan adalah kawasan perumahan Mutiara Permai di Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu.

Terpisah, Dekan Fakultas Teknik Unhas Prof Muhammad Arsyad mengaku pihaknya akan siap membantu seluruh upaya Pemkab Gowa dalam melakukan pembangunan demi kebutuhan masyarakat. Apalagi menurutnya Kampus Teknik Unhas berada di wilayah Kabupaten Gowa.

Baca Juga :   Kontes Bonsai Nasional "Sipakario" Sidrap Diwarnai Animo Tinggi Peserta Pameran

” Kita punya sumber daya manusia, seperti sumber daya laboratorium, pendidikan, riset yang semuanya itu saya kira dibutuhkan di dalam mendukung pembangunan-pembangunan yang ada di Kabupaten Gowa,” kata Arsyad.

Ia mengungkapkan, beberapa waktu lalu pihaknya melalui Tim Pusat Rekayasa Kebencanaan Fakultas Teknik Unhas sudah melakukan peninjauan awal di beberapa titik yang menjadi wilayah banjir. Peninjauan itu pun didampingi langsung beberapa SKPD terkait.

” Menurut pihak Bappeda Gowa bahwa observasi pendahuluan ini akan segera ditindaklanjuti secara resmi untuk dilakukan kajian dan analisis kejadian banjir dan solusi penanganannya,” tambahnya.

Arsyad  berharap dengan terjalinnya kerjasama ini, permasalahan dan dampak kebencanaan yang terjadi di Kabupaten Gowa bisa diatasi dan diminimalisir, utamanya bencana banjir untuk tahap awal.-

dibaca : 43



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top