ikut bergabung

PMI Gowa Sebar Relawan Penanggulangan Covid 19 di 10 Desa/Kelurahan


RELAWAN. Para relawan Covid 19 PMI Gowa saat melaksanakan program penanggulangan covid 19 di 10 desa pada lima kecamatan terpilih di Gowa. (foto/ist)

Sulsel

PMI Gowa Sebar Relawan Penanggulangan Covid 19 di 10 Desa/Kelurahan

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pandemi di Kabupaten Gowa belum selesai. Hal itu berdasarkan data bahwa masih adanya pasien terkonfirmasi positif covid 19 setiap harinya. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah melalui tim Gugus Percepatan Penanggulangan Covid 19. 

Sebagai bentuk dukungan PMI Gowa  dalam rangka penanggulangan covid 19 tersebut, maka saat ini relawan Program Percepatan Penanggulangan Covid 19 Desa/Kelurahan yang dibentuk PMI Gowa sedang giat-giatnya melakukan aksi penanggulangan. 

Berikut lima kecamatan dan 10 desa/kelurahan yang masuk dalam target pelaksanaan program tersebut yakni Kecamatan Somba Opu meliputi Kelurahan Sungguminasa Bonto-bontoa, Samata, Paccinongang. 

Untuk Kecamatan Pattallasang meliputi Desa Timbuseng. Kecamatan Bontomarannu di Kelurahan Borongloe. Untuk Kecamatan Pallangga meliputi Desa Kampili, Bontoramba dan Panakukang.  Sementara Kecamatan Bajeng dipusatkan di Desa Bone.

Relawan covid 19 ini sudah melakukan kegiatan penanggulangan sejak Agustus 2020 lalu hingga saat ini. Layanan kegiatan relawan tersebut antara lain melakukan disinfeksi yakni penyemprotan disinfektan dari rumah ke rumah, tempat ibadah dan fasilitas umum, pembagian masker, pembagian paket perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pembuatan alat cuci tangan sederhana, sosialisasi 4M dan pemberian paket sembako kepada pasien covid 19 yang sedang dan yang telah selesai melakukan isolasi mandiri. 

Ketua PMI Gowa Abd Rauf Malaganni Kr Kio  mengatakan, PMI dapat berperan aktif dan kesinambungan. Bahkan Wakil Bupati Gowa ini berharap pelaksanaan program ini di Gowa berjalan dengan baik.

Baca Juga :   Dua Orang Ini Residivis, Ditangkap Lagi Kasus Narkoba. Barang Buktinya Lumayan Besar

Terpisah, Mardani Hamdan selaku Sekretaris PMI Gowa disaat mensosialisasi program ini mengatakan, hadirnya relawan covid 19 untuk desa/kelurahan di Gowa ini sudah sejalan dengan program pemerintah dalam percepatan penanggulangan covid 19 di Kabupaten Gowa khususnya PMI pusat dan provinsi.

” Kami selaku pengurus PMI Gowa akan mengawal kebijakan kebijakan pemerintah dalam penanggulangan bencana non alam (covid 19),” kata Mardani.

Sementara itu Manager Program Pelaksanaan Kegiatan Percepatan Penanggulangan Covid 19 PMI Gowa Muhammad Fajar Karnah mengatakan program ini dapat berjalan maksimal sesuai dengan harapan PMI Pusat dan Provinsi Sulawesi Selatan.

” Semoga ini bisa menjadi embrio terbentuknya relawan-relawan PMI di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa yang mampu melakukan penanggulangan bencana, bukan bencana covid 19 saja tapi bencana sosial dan bencana alam lainnya,” terang Fajar kepada ujungjari.com, Rabu (17/2/2021) kemarin.-

dibaca : 26



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top