ikut bergabung

Tes Swab Massal Enam Kecamatan, Data Sementara Delapan Positif Covid-19


Makassar

Tes Swab Massal Enam Kecamatan, Data Sementara Delapan Positif Covid-19

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM–Hari ketiga pelaksanaan tes swab massal yang dilaksanakan secara gratis oleh Pemkot Makassar. Tes swab dilakukan pada enam kecamatan dengan jumpat penderita covid-19 terbanyak. Enam kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Rappocini, Panakkukang, Tamalate, Manggala, Tamalanrea, dan Biringkanaya.

Hari kedua pelaksanaan swab gratis, digelar di Kecamatan Panakkukang. Lokasinya bertempat di halaman Kantor Kecamatan Panakukang, Jalan Batua Raya, Senin (14/9). Dalam test swab tersebut, satu unit mobil PCR milik Pemprov Sulsel bersama sejumlah petugas kesehatan, melakukan pemeriksaan spesimen.

Mobil PCR tersebut mampu memeriksa delapan spesimen dalam sekali pemeriksaan. Hasil pemeriksaannya pun sangat cepat. Hanya butuh satu jam untuk mengetahui hasilnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr Naisyah Tun Azikin menjelaskan pada pemeriksaan di Kecamatan Panakkukang, ditemukan dua orang terkonfirmasi positif covid-19. Sebelumnya, pada tes swab gratis yang dilakukan di Kecamatan Rappocini pekan lalu, ditemukan enam yang positif covid-19, dari 103 orang yang memeriksakan diri.

Dua orang diantaranya lansia dirawat di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi karena memiliki riwayat penyakit komorbid. Sementara empat orang lainnya terdeteksi dari hasil pemeriksaan spesimen swab di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Milik Kemenkes.

“Empat orang yang terkonfirmasi positif itu tidak menunjukkan gejala dan hanya dikarantina di hotel melaluI program duta wisata covid-19,” ungkap Naisyah, Senin (14/9).

Baca Juga :   Puluhan Warga Barombong Datangi DPRD Makassar, Ini Aspirasinya!

Sementara pelaksanaan hari kedua pada Sabtu lalu di halaman kantor Kecamatan Biringkanaya, sebanyak 185 orang yang diperiksa dan masih menunggu hasil pemeriksaan spesimen Balai Besar Laboratorium Kesehatan Kemenkes.

Tes swab massal gratis ini dilakukan sebagai implementasi dari gerakan trisula, akronim dari tracing, testing, dan educating, yang dicanangkan Pemprov Sulsel belum lama ini.

“Kegiatan ini untuk menekan penularan pandemi covid-19, menyasar warga di enam Kecamatan Kota Makassar yang memiliki jumlah kasus positif terbanyak,” kata Naisyah.

Setelah di Kecamatan Rappocini dan Biringkanaya serta Panakukang, tes swab massal secara gratis ini juga berturut-turut akan dilakukan di Kecamatan Tamalate, Manggala, dan Tamalanrea. (*)

dibaca : 39



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top