ikut bergabung

Geliat Pasar Ekspor Klinker dan Semen Tonasa Pasca-lockdown di Beberapa Negara Mengalami Pertumbuhan


Zulhajriani Nur

Sulsel

Geliat Pasar Ekspor Klinker dan Semen Tonasa Pasca-lockdown di Beberapa Negara Mengalami Pertumbuhan

PANGKEP, UJUNGJARI.COM — Permintaan ekspor Semen Tonasa hingga saat ini tetap mengalami pertumbuhan. Optimalisasi kapasitas produksi tetap dilakukan dengan maksimal. Pasar ekspor Semen Tonasa tersebar ke sejumlah negara. Ekspansi pasar ekspor dilakukan, setelah melihat kesuksesan ekspor pada tahun lalu yang masuk ke beberapa negara tetangga. Di antaranya Timor Leste, Filipina, Bangladesh, dan Australia. Kapasitas produksi semen yang ada saat ini, tetap mampu menopang permintaan ekspor semen yang dilakukan perusahaan terbesar Kawasan Timur Indonesia ini.
Andi Muhammad Said Chalik, Kepala Biro Humas & Sekretariat Semen Tonasa, mengatakan, dalam menghadapi persaingan ke depan, tentunya Tonasa akan melakukan berbagai terobosan. Mulai dari infrastruktur logistik hingga sistem digitalisasi. Pasar ekspor pun menjadi andalan dari Semen Tonasa saat ini. Geliat ekspor sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Saat ini, Semen Tonasa sementara melakukan ekspansi pasar ke negara lain.
Sementara itu, Manager of Export Sales, Zulhajriani Nur, menyampaikan, market ekspor Semen Tonasa tetap optimistis bisa mendulang pertumbuhan penjualan ekspor kendati pemasaran produk semen makin berat akibat dampak pandemi virus Corona (Covid-19).
”Kami harapkan ada peningkatan dari tahun 2019. Tapi kami pertimbangkan juga bahwa dampak dari pandemi Covid-19 terjadi di seluruh negara. Sehingga beberapa negara mengalami penurunan demand. Terutama dibulan April 2020.
Market semen tahun ini masih ke Dili, Timor Leste. Dan setelah lockdown dibulan April, kini berangsur demand naik kembali dibulan Mei hingga saat ini bisa mencapai volume sampai dengan semester 1 di atas 100 persen. Mengenai market Klinker dari Semen Tonasa ke beberapa negara terutama Australia, China, Bangladesh, Taiwan, dan Filipina yang tumbuh dan mencapai volume di atas 100 persen sampai dengan semester 1 tahun ini dibanding tahun 2019. Adapun rencana market baru di semester 2 yaitu ke negara Fiji.
”Hal ini menjadi semangat korporasi untuk terus berbenah tidak hanya dari sisi produksi dan distribusi pelayanan transportasi laut akan tetapi produkvititas di seluruh lini perusahaan tetap ditingkatkan dalam mendukung korporasi menuju pasar dunia,” tuturnya. (amir)

Baca Juga :   Pemkot Palopo Raih Dua Penghargaan di Bidang Kesehatan

BONGKAR MUAT — Proses bongkar muat Semen Tonasa di pelabuhan dari atas mobil ke atas kapal.

Baca Juga

dibaca : 64

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top