ikut bergabung

Andi Sudirman Tinjau Pembangunan Dua Bendung di Soppeng


Berita

Andi Sudirman Tinjau Pembangunan Dua Bendung di Soppeng

SOPPENG, UJUNGJARI.COM — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengunjungi dua bendungan di Kabupaten Soppeng, Senin, 27 Juli 2020. Yakni bendung Coppo Congki di Desa Bulu’e, Kecamatan Marioriawa dan bendung Toddang Saloe di Desa Leworeng, Kecamatan Donri–Donri.

Diketahui, pembangunan Bendung Coppo Congki ini nantinya akan memberikan manfaat yang beragam, salah satunya mencegah banjir. Sementara Bendung Toddang Saloe dalam kondisi jebol akibat banjir.

Hal itu akibat bendung tak mampu menampung debit air yang semakin tinggi. Saat ini, sedang dilakukan perbaikan terhadap bendung tersebut.

Baca Juga

Sekedar informasi, Bendung Coppo Congki dilaksanakan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang pada Kementerian PUPR atau bersumber dari APBN. Sementara Bendung Toddang Saloe, menggunakan APBD Provinsi Sulsel.

Didampingi Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak, saat menuju lokasi Wagub Sulsel mengendarai mobil offroad untuk meninjau langsung kedua bendung itu. Akses menuju bendungan di jalanan berlumpur dan licin.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, Bendung Coppo Congki adalah proyek untuk membendung sungai, sehingga air dapat dimanfaatkan sebagai air baku serta potensi irigasi.

“Fungsi lain dari bendung ini yakni menahan laju sedimen dan arus menuju Danau Tempe untuk mencegah pendangkalan dan banjir,” jelasnya.

Di Bendung Toddang Saloe, kata Wagub Sulsel, terjadi kerusakan pada spillway. Akibat kerusakan itu, masyarakat langsung berinisiatif membuat tanggul sementara. Namun, Pemprov Sulsel memberikan respon cepat dengan melakukan perbaikan.

Baca Juga :   Rektor UIM Majdah M Zain Terbang ke Amerika Ikuti Pertemuan Pemimpin Agama Dunia

“Bendung Toddang Saloe ini merupakan bendung existing yang rusak di spillway, sehingga masyarakat membuat tanggul sementara. Kita sudah respon dengan kontrak perbaikan dan sudah MC 0 persen. Besar manfaatnya untuk sistem irigasi teknis dan sangat urgent untuk dilakukan,” bebernya. (*)

dibaca : 45



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top