ikut bergabung

LAKSUS Warning Pekerjaan Proyek Kotaku Rp1 Miliar di Tamalanrea Jaya


LSM LAKSUS saat menerima penghargaan dari Kapolda Sulsel pada peringatan HUT Bhayangkara Tahun 2020. Penghargaah tersebut diberikan kepada LAKSUS karena dinilai kridibel dan konsisten dalam memberantas korupsi di Sulsel.

Makassar

LAKSUS Warning Pekerjaan Proyek Kotaku Rp1 Miliar di Tamalanrea Jaya

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Lembaga Anti Korupsi Sulsel (LAKSUS) mengingatkan dan memberi warning kepada pelaksana proyek program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) dalam hal ini BKM dan KSM Borong Taipa, kelurahan Tamalanrea Jaya, kecamatan Tamalanrea, Makassar, agar proyek Kotaku dikerjakan dengan baik, berkualitas, dan transparan. Sehingga proyek tersebut bisa dirasakan manfaatnya dengan baik oleh masyarakat setempat.

LAKSUS juga meminta agar proyek Kotaku ini dikerjakan dengan memberdayakan masyarakat setempat (Padat karya). Apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat butuh pekerjaan untuk membantu memenuhi kebutuhan hari-harinya.

“Kami akan pantau terus, dan kami tidak segan-segan melaporkan ke penegak hukum, jika terdapat permasalahan dalam proyek tersebut. Proyek itu kan uang negara, makanya harus diawasi,” kata Ketua LAKSUS Muh Anshar.

Menurut Anshar, proyek lingkungan seperti itu sangat rawan terjadi penyimpangan yang berujung menimbulkan kerugian negara. Oleh karena itu, pelaksana proyek dalam hal ini BKM dan KSM Borong Taipa, harus hati-hati menggunakan anggaran negara.

“Sudah banyakmi pengalaman, anggaran seperti itu dimainkan oleh oknum pelaksana proyek. Seperti pekerjaan tidak sesuai bestek, tidak sesuai dengan RAB. Yang biasa dimainkan oleh oknum pelaksana adalah volume dan bahan yang digunakan tidak sesuai,” ketus Anshar.

“Ini kan sementara pekerjaan, nanti kami turunkan tim. Jika terjadi keganjalan dalam proyek itu, kami akan laporkan ke Tipikor Polda Sulsel,” tegasnya.

Baca Juga :   GNPK Pusat Pertanyakan Anggaran Program Wisata Covid-19 Sulsel

Diketahui bahwa Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Borong Taipa Kelurahan Tamalanrea Jaya, tahun ini keciprat anggaran Kotaku sebesar Rp1 miliar lebih. Anggaran tersebut bersumber dari kementerian PUPR.

Anggaran Rp1 miliar itu diperuntukkan pada tiga pekerjaan infrastruktur lingkungan, yaitu perbaikan drainase, perbaikan jalan lingkungan (Paving block) dan pemasangan/sambungan baru air bersih (PAM) di sejumlah rumah warga setempat.

Tiga aitem proyek lingkungan tersebut, semua dikerjakan di Jalan Perintis Kemerdekaan 4 RW 02 Kelurahan Tamalanrea Jaya (Belakang Top Mode). (drw)

dibaca : 39



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top