ikut bergabung

Panel dengan Ganjar Pranowo, Kaswadi Beberkan Penanganan Covid-19 di Soppeng


Berita

Panel dengan Ganjar Pranowo, Kaswadi Beberkan Penanganan Covid-19 di Soppeng

SOPPENG, UJUNGJARI.COM — Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menjadi panelis dalam diskusi virtual yang digelar International Republican Institute (IRI), Emerging Leaders Academy, National Forum Online, Senin, 15 Juni 2020.

Dalam video conference yang menghadirkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Bupati Bollangmongodow Timur, Sehan L itu, Kaswadi menyampaikan sejumlah terobosannya dalam menanggulangi COVID19 di Soppeng.

“Kunci terbesarnya ada pada pelibatan semua stakeholder baik yang ada di Soppeng maupun luar wilayah Soppeng. Kami bersinergi dengan mereka. Ketika kami kesulitan mendatangkan peralatan kesehatan seperti PCR yang memang sulit didapat di pasaran, maka kami mengandalkan jaringan warga kami di luar Soppeng,” katanya.

Salah satu terobosan Soppeng adalah membangun ruang isolasi sendiri di Rumah Sakit Khusus COVID19 yang dimilikinya.

Ia mengakui di awal-awal banyak yang mencibir ketika dirinya memutuskan untuk membangun ruang itu. Pasalnya, selain dianggap mahal, juga karena untuk penanganan COVID19 di level kabupaten, ruang isolasi bukan merupakan kebutuhan utama.

“Tetapi saya ngotot membangun ruang isolasi itu karena saya merasa miris dengan warga saya. Ketika mereka terpapar COVID19, dia dan keluarganya mengalami tekanan psikologis. Maka beban itu pasti akan lebih berat lagi ketika harus dikirim ke Makassar untuk dirawat. Maka, saya membangun ruang isolasi agar kami bisa merawat warga kami sendiri tanpa perlu dikirim ke luar daerah,” katanya.

Baca Juga :   Milad Korpri Ke-50, Bupati Pinrang : Momentum ASN Membangun Etos Kerja dan Sinerjitas

Soppeng memang menjadi satu-satunya kabupaten di Sulsel yang membangun ruang isolasi covid. Daerah ini juga menjadi satu-satunya kabupaten di Sulsel yang memiliki laboratorium tempat uji swab. Beberapa kabupaten di sekitarnya bahkan menggunakan fasilitas laboratorium milik pemkab Soppeng untuk uji swab.

Bupati yang sebentar lagi mengakhiri periode pertamanya ini, juga menceritakan bagaimana ia harus lebih banyak tidak tidur di rumah jabatan karena justru mengkhawatirkan keluarganya jika pulang ke rumah.

“Saya bisa keluar masuk ruang isolasi memberi semangat kepada pasien dan petugas. Saya khawatir sehingga terbiasa tak pulang ke Rujab bermalam,” tambahnya.

Kaswadi mengaku tertantang karena serangan COVID19 ini adalah kesempatan baginya untuk berbuat baik untuk rakyatnya.

Soppeng kini menjadi kabupaten pertama di Sulsel yang berhasil menyembuhkan seluruh pasien covid 19 baik yang positif maupun yang berstatus PDP.  (**)

dibaca : 31



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top