ikut bergabung

Lagi, 14 Napi dan Tiga Balita Dijemput, Korban Terpapar Covid-19 di Lapas Wanita Bolangi Bertambah


Tim Gugus Tugas saat mengambil swab petugas dan napi Lapas Wanita Kelas IIA Gowa di Bolangi.(foto/ist)

Berita

Lagi, 14 Napi dan Tiga Balita Dijemput, Korban Terpapar Covid-19 di Lapas Wanita Bolangi Bertambah

GOWA, UJUNGJARI.COM — Setelah terdeteksi 6 orang positif pemeriksaan swab pertama pada Rabu 27 Mei 2020 di Lapas Wanita Kelas IIA Bolangi dan kemudian sepekan berikutnya tepatnya di 2 Juni 2020 bertambah lagi 35 orang hasil pemeriksaan kedua, kali ini hasil pemeriksaan swab ketiga tercatat lagi 17 orang warga binaan Lapas Wanita positif covid-19.

Penambahan 17 orang napi positif corona ini setelah hasil PCR Swab pemeriksaan ketiga di Lapas Wanita telah keluar Sabtu (13/6/2020) malam kemarin. 17 warga binaan terpapar corona itu yakni 14 napi wanita dan tiga orang lainnya adalah balita (anak dari tiga napi terpapar).

Terkait hasil PCR Swab positif itu, dibenarkan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Gowa dr Gaffar yang dikonfirmasi, Minggu (14/6/2020) siang.

” Iya benar, ada tambahan 17 kasus baru dari warga binaan,” kata dr Gaffar.

Anggota Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gowa dr Gaffar mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa telah menerima hasil pemeriksaan swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Makassar, Sabtu malam kemarin.

Menurut dr Gaffar, temuan 17 kasus secara masif ini menjadi temuan ketiga dalam tiga pekan berturut-turut untuk kawasan Lapas Wanita.

Dari sejak awal hingga pertengahan Juni ini, tercatat 58 warga binaan Lapas Wanita terpapar virus corona. Kondisi ini cukup mengagetkan kalangan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gowa.

Baca Juga :   Warga Membludak Serbu Vaksinasi Dosis Pertama HIPMI Sidrap di Kedai Ruby

Mantan Kepala Puskesmas Pallangga ini juga mengaku sangat heran dari mana asal virus ini mengjangkiti para napi wanita, apalagi dari puluhan pegawai Lapas Wanita yang ikut dirapidtest hingga di Swab PCR tidak satupun terdeteksi positif. Semua pegawai lapas negatif.

Ketika hal tersebut ditanyakan ke Gugus Tugas, dr Gaffar pun mengaku belum bisa menjajak kemungkinan darimana virus corona masuk.

Hal senada dikatakan Ketua Tim Humas LPP (Lembaga Pemasyarakatan Perempuan) Gowa Resqi Irwansyah. Saat dikonfirmasi terkait bertambahnya korban terpapar positif di lapas wanita, Resqi mengaku heran.

” Iya hasil swab ketiga sudah keluar dan bertambah 17 orang warga binaan yang positif. Kami juga heran, dari puluhan yang positif di lingkungan lapas ini hanya warga binaan yang positif sementara seluruh petugas negatif,” ungkap Resqi. 

Ke-17 warga binaan yang terpapar corona ini, menurut dr Gaffar kesemuanya telah dijemput dan diisolasi di RSU Dadi Makassar.

” Ke-17 warga binaan ini sudah dijemput tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Dinkes Sulsel dan langsung dibawa ke RS Dadi di Jl Lanto Dg Pasewang Makassar,” jelas dr Gaffar saat dihubungi via WhatsAppnya, Minggu (14/6/2020) pukul 13.30 Wita. 

dibaca : 58

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top