ikut bergabung

Kapolres Gowa Imbau Warga Waspada Bencana Alam


Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola.(foto/humpolgowa)

Sulsel

Kapolres Gowa Imbau Warga Waspada Bencana Alam

GOWA, UJUNGJARI.COM — Hujan kembali berintensitas tinggi kurun tiga hari ini. Dengan tingginya curah hujan ini maka seluruh masyarakat diminta untuk tetap waspadai berbagai bencana seperti banjir, angin kencang serta longsor.

Dengan memungkinkannya bencana terjadi sewaktu-waktu di Kabupaten Gowa, maka jajaran Kepolisian Resort (Polres) Gowa pun mengimbau seluruh warga Gowa baik yang ada di dataran rendah maupun dataram tinggi untuk dapat mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti tahun 2019 lalu.

Imbauan tersebut disampaikan mengingat, kondisi debit air bendungan Kareloe cukup tinggi dan tidak menutup kemungkinan hal sama juga bisa dialami waduk Bilibili jika curah hujan di wilayah hulu, tinggi.

Baca Juga

Untuk kondisi Kabupaten Gowa hingga saat ini, kata Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola, tetap aman. Debit air di waduk Bilibili terus mengalami penurunan batas elevasi. Sejak Jumat (12/6/2020) pukul 22.00 Wita batas elevasi air waduk berada pada 98.10 mdpl dan pada Sabtu (13/6/2020) pukul 07.00 Wita hari ini, turun lagi tiga digit menjadi 98.07 mdpl (tetap berada dibawah normal).

Secara detil perhitungan dibawahbnormal hingga ke level tertinggi sebagai berikut: untuk garis elevasi pada level +99.50 mdpl batas Normal, pada level +100.00 mdpl berada pada kondisi Waspada, pada level +101.60 mdpl adalah status Siaga dan pada level elevasi +103.00 mdpl adalah status Awas.

Baca Juga :   Bupati Barru Harap SKBKT Bangkitkan Rasa Kesetiakawanan Sosial

” Walaupun kondisi waduk Bilibili hingga saat ini aman, namun kami Polres Gowa tetap berharap seluruh warga Gowa tetap mengantisipasi terjadinya bencana alam baik banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang ” kata Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola.

Dengan tingginya curah hujan hingga hari ini, Kapolres Gowa telah menginstruksikan seluruh Bhabinkamtibmasnya untuk memberikan imbauan kepada masyarakat yang berada di sepanjang bantaran sungai untuk tetap waspada. Dapat mencermati kondisi air yang mungkin sewaktu-waktu bisa naik.

” Saya berharap imbauan ini dapat ditindaklanjuti oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya yang berada di sepanjang bantaran sungai maupun yang daerahnya rawan longsor,” kata Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola.-

dibaca : 29



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top