ikut bergabung

Ini Tujuan Kampung Rewako Dibangun, Adnan Ingin Semua Desa Miliki


Bupati Gowa meninjau sarana pendukung di Kampung Rewako yang baru dilaunchingnya di Manggarupi tepatnya di BTN Griya Persada Manggarupi, Kecamatan Somba Opu.(foto/humasgowa)

Sulsel

Ini Tujuan Kampung Rewako Dibangun, Adnan Ingin Semua Desa Miliki

GOWA, UJUNGJARI.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melaunching program Kampung Rewako yang dibentuk oleh Polres Gowa, Rabu (10/6/2020) lalu.

Kampung Rewako yang dipusatkan  di Perumahan Griya Persada Manggarupi, Kelurahan Paccinongan, Kecamatan Somba Opu ini sangat diapresiasi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Adnan mengatakan Kampung Rewako yang keberadaannya diinisiasi jajaran Polres Gowa dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Gowa serta jajaran Kodim 1409 Gowa ini, seyogyanya menjadi contoh untuk membuat Kampung Rewako yang sama di kampung-kampung lainnya.

Baca Juga

Pembangnan Kampung Rewako di tengah-tengah pandemi covid-19 ini menurut Adnan adalah langkah tepat dan sangat relevan. Pasalnya Kampung Rewako sengaja dibuat tujuannya memang untuk memberikab edukasi kepada masyarakat untuk memahami bagaimana itu bahayanya virus corona, bagaimana mencegahnya dan bagaimana memutus mata rantai penyebarannya agar tidak melebar di seluruh wilayah Kabupaten Gowa.

Adnan mengatakan, kehadiran Kampung Rewako ini akan membantu untuk penanganan covid-19 khususnya pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat. 

“Kita berharap ini menjadi contoh sehingga bisa hadir Kampung Rewako lainnya. Sehingga kebutuhan pangan kita di Kabupaten Gowa bisa terjaga dan terpenuhi dengan baik sampai beberapa bulan kedepan. Semua desa/kelurahan harus miliki Kampung Rewako ini,” lanjut Adnan.

Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola sebagai penggagas Kampung Rewako ini mengatakan tujuan pendirian Kampung Rewako untuk menekan penyebaran covid-19 di Kabupaten Gowa. 

Baca Juga :   Gebyar Vaksin HUT Toraja, 7.740 Warga Ikut Vaksinasi

” Keberadaan Kampung Rewako ini akan mengedukasi masyarakat menerapkan social distanching, physical distanching di tempat-tempat keramaian dan tempat-tempat umum lainnya. Kemudian tujuannya yang lain yaitu bagaimana menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan dan untuk menjaga kondusifitas wilayah dalam keamanan dan ketertiban masyarakat,” jelas AKBP Boy FS Samola.

Khusus di Kabupaten Gowa, AKBP Boy FS Samola menyebutkan Kampung Rewako akan dibentuk di 167 desa/kelurahan dan akan dibentuk secara bertahap. Sementara untuk saat ini baru sekitar lima desa yang sudah memiliki Kampung Rewako.

Boy mengatakan Kampung Rewako ini, dilengkapi dengan dapur umum, pembibitan sayur mayur, pembudidayaan ikan lele, tempat jahit masker, pelayanan kesehatan, ruang isolasi, ruang logistik dan kandang ternak. Dan yang terpenting kata Boy, dilengkapi tempat cuci tangan, hand sanitizer dan menjadikan penggunaan masker di wilayah Kampung Rewako dan sekitarnya sebagai tradisi baru bagi masyarakat.-

dibaca : 98



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top