ikut bergabung

Balai Besar Veteriner Siap Uji Sample Swab Pasien Covid-19


Bupati Maros Hatta Rahman saat meninjau Balai Besar Veteriner yang dijadikan sebagai tempat uji swab pasien covid-19.

Berita

Balai Besar Veteriner Siap Uji Sample Swab Pasien Covid-19

MAROS, UJUNGJARI.COM— Bupati Maros HM Hatta Rahman melakukan kunjungan ke Balai Besar Veteriner (BB Vet), Senin (18/5/2020). Kunjungan ini dilakukan terkait kesiapan BB Vet Maros menguji sample swab pasien covid-19. Kunjungan ini diterima Kepala BB Vet Maros Risman Mangidi. 

Dari kunjungan ini, kata Risman, BB Vet telah siap menerima dan menguji sample swab pasien covid-19 mulai Rabu mendatang. 

Risman mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan melalui surat ke Gubernur Sulsel. 

“ Termasuk kami sudah terima surat tugas dari Kementerian Pertanian melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk mulai bertugas,” tambahnya. 

Risman menjelaskan, BB Vet Maros telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel terkait pembagian wilayah tugas yang meliputi tiga kabupaten yakni Maros, Pangkep dan Barru. 

“ Hasil koordinasi kami sebenarnya diminta mulai hari ini untuk mulai menerima sample swab tapi kami tentu harus benar-benar siap untuk memulai dan memisahkan sample dari hewan dan sample dari manusia sehingga semua berjalan baik,” jelasnya. 

Risman menambahkan, berdasarkan rapat laboratorium BB Vet Maros pihaknya bisa menerima sampai 50 sample per hari dengan rencana kerja dari Senin sampai Jumat sesuai jam kerja kantor. 

“ Sementara kami mampu menerima sampai 50 sampel, tapi kami tetap melihat kemampuan tim jika memadai bisa lebih,” paparnya. 

Baca Juga :   Malkan-Andi Salahuddin Janji Buka Lapangan Kerja

Sebanyak 20 orang tim covid-19 disiapkan oleh BB Vet untuk bekerja mulai  Senin sampai Jumat. 

Sementara itu, Bupati Maros Hatta Rahman mengatakan, kunjungannya ke BB Vet untuk melihat kesiapan tim dari BB Vet menguji sample covid-19 karena Pemkab Maros telah menyurat ke Kepala Balai untuk dilakukan pengujian mengingat di Makassar pengujian sangat padat. 

“ Kita berharap setelah BB Vet ini bisa menerima sample maka hasilnya bisa cepat keluar krena selama ini di Makassar hasilnya baru keluar sampai satu minggu, ada pasien yang meninggal tapi hasil swabnya belum keluar dan ada juga sudah kontak erat dikeluarganya tapi belum keluar hasilnya dan ternyata positif akhirnya satu keluarga positif. Kita berharap dengan hasil yang keluar lebih cepat maka tindakan kita juga bisa lebih cepat  mengantisipasi pasien positif,” papar Hatta Rahman. 

Dengan berfungsinya BB Vet ini maka pengujian sample covid-19 bisa keluar hanya dalam satu hari saja. Misalnya sample masuk Rabu sore, tim akan menguji pada Kamis pagi dan hasilnya akan keluar pada Kamis sore. –

dibaca : 34



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top