ikut bergabung

Jembatan Kembar dan Pasar Minasamaupa pun Tak luput dari Hoax


Ini potongan video tentang jembatan kembar Sungguminasa yang ditutup. video ini diunggah akun bernama 'Kak Herung'.

Sulsel

Jembatan Kembar dan Pasar Minasamaupa pun Tak luput dari Hoax

GOWA, UJUNGJARI.COM — Lagi-lagi hoax melanda. Kali ini yang jadi sasaran adalah jembatan kembar Sultan Hasanuddin-Syekh Yusuf yang membentang di atas sungai Jeneberang di Kabupaten Gowa.

Jembatan kembar yang menghubungkan kota Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu dengan Kecamatan Pallangga ini, dalam beberapa hari ini diguyur berita-berita bohong.

Bahkan hoax jembatan kembar ini viral di medsos dan seolah-olah sengaja diviralkan oleh oknum yang mempostingnya di facebook maupun grup-grup WhatsApp. Katanya jembatan kembar ini ditutup sebagai dampak lockdown akibat serangan wabah corona virus deseasse. Bukan hanya jembatan kembar yang juga pernah dilanda hoax mengalami retak dan terancam ambruk pada 2019 kemarin, tapi hoax juga ditujukan kepada Pasar Minasamaupa yang ada di dekatnya.

Baca Juga

Pasar ini katanya ditutup untuk menghindari interaksi banyak pengunjung pasar dan pedagang. Karena beredarnya kabar bohong untuk jembatan dan pasar ini membuat masyarakat pengguna jalan dan pengunjung pasar jadi resah.

Menyikapi keresahan masyarakat ini, jajaran Polres Gowa pun bertindak memberikan pencerahan dan edukasi kepada masyarakat agar tidak serta merta percaya dengan info-info tak jelas tersebut.

” Kabar jembatan kembar maupun pasar Minasamaupa ditutup itu jelas-jelas hoax. Faktanya tidak demikian, pihak kepolisian Polres Gowa terus memantau kondisi. Masyarakat harus tenang,” kata Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan menyampaikan kebenaran fakta yang ada, Senin (30/3/2020).

Baca Juga :   Tindak Lanjut Pengembangan Dry Port, Bupati Sidrap Teken MoU Direktur UPC

Dikatakan AKP Mangatas Tambunan bahwa informasi menyesatkan itu dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan kerjanya hanya untuk membuat keresahan masyarakat di tengah mewabahnya virus corona saat ini.

” Ada yang dengan sengaja memviralkan di medsos dan dikirim dari satu ke orang yang lain juga melalui melalui berbagai grup-grup besar di facebook. Penutupan jembatan, pasar atau akan dilakukan karantina, semua itu bohong, itu hoax. Karena itu kami (Kepolisian) mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak resah. Untuk dapat mengetahui kondisi terkini tentang keamanan dan tentang kondisi covid-19 di Kabupaten Gowa diharapkan dapat meminta konfirmasi melalui pihak Polres Gowa atau Kodim 1409 serta Pemkan Gowa,” jelas AKP Mangatas Tambunan. 

Hingga hari ini Senin ini, kata AKP Mangatas Tambunan, kondisi Kabupaten Gowa tetap aman dan kondusif.

” Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Gowa untuk tidak terhasut dengan berita hoax. Tetap berada di rumah dan tenang. Biarlah pihak Kepolisian dan TNI serta instansi terkait lainnya terus bekerja dan masyarakat tetap tinggal di rumah agar penularan virus ini dapat kita minimalisir,” tambah Wakapolres Gowa Kompol Muh Fajri Mustafa dikonfirmasi terpisah.-

dibaca : 129



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top