ikut bergabung

Seribu Pramuka Gowa Akan Ikut Menanam Vetiver


Para anggota Pramuka Gowa yang telah menyatakan kesiapannya untuk ikut penanaman massal vetiver.

Sulsel

Seribu Pramuka Gowa Akan Ikut Menanam Vetiver

GOWA, UJUNGJARI.COM — Rencana penanaman massal akar wangi vetiver dipastikan akan berlangsung ramai. Pasalnya sekira 15 ribu warga akan terlibat dalam penanaman serentak di 11 kecamatan (70 desa).

Salah satu organisasi yang akan berpartisipasi didalam giat massal itu adalah Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa.

Ketua DKC Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa Nurhalifah B menyebutkan jika sekira 1.000-an anggota Pramuka akan bergerak dalam penanaman vetiver tersebut.

” Insha Allah 1.000 anggota Pramuka Gowa akan ikut.  Kita target 100 per ranting. Kami sudah kirimkan surat edaran ke semua ranting di Gowa,” ujarnya, Jumat (14/2/2020).

Anggota Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) ini berharap dengan adanya penanaman Vetiver tersebut dapat mencegah longsor di Kabupaten Gowa.

“Harapan kita ini bisa mencegah terjadinya longsor di Gowa, seperti diketahui Kabupaten Gowa termasuk wilayah rawan bencana,” katanya.

11 kecamatan target penanaman vetiver yakni di Kecamatan Bontolempangan, Tompobulu, Biringbulu, Bungaya, Manuju, Parangloe, Parigi, Tinggimoncong, Tombolopao, Pattalassang dan Bajeng Barat.

Lokasi penanaman vetiver di daerah-daerah tersebut masing-masing dikoordinatori para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Penanaman vetiver  tersebut dalam rangka memperingati 4 tahun pemerintahan Adnan Purichta Ichsan bersama Abdul Rauf Malaganni Krg Kio sebagai Bupati dan Wabup Gowa.

Tanaman yang memiliki bahasa latin vetiveria zizaniodies atau chrysopogan zyzanioides disiapkan oleh Pemkab Gowa sebanyak 150 ribu bibit dan tambahan bantuan 30 ribu bibit dari Balai Pertanian dan Litbang, Kementrian Pertanian RI. Sehingga totalnya 180 ribu bibit vetiver. (sari)

Baca Juga :   Pelajar di Toraja Utara Meregang Nyawa Tertimpa Batu Sepulang Berwisata

dibaca : 39



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top