ikut bergabung

Tanam Vetiver, Tompobulu Siapkan Lahan 26,33 Ha


Suasana rapat bersama lintas sektor di Kecamatan Tompobulu jelang penanaman vetiver serentak.

Sulsel

Tanam Vetiver, Tompobulu Siapkan Lahan 26,33 Ha

GOWA, UJUNGJARI.COM — Jajaran Pemerintah Kecamatan Tompobulu bersama Tripika dan masyarakat kini tengah mempersiapkan aksi penanaman serentak akar wangi vetiver pada Senin 17 Februari 2020.

Terkait kesiapan itu, seluruh stakeholder yang akan dilibatkan dalam aksi serentak tersebut mengikuti rapat koordinasi, Kamis (13/2/2020) dipimpin Camat Tompobulu Zulfikar.

Turut hadir Kapolsek Tompobulu Iptu Hashullah, Danramil 1409-02 Kapten Inf Baharuddin, Kepala UPTD Dinas Pertanian Malakaji Nurkholis, Sekcam Tompobulu Harifuddin, para kepala  SD, SMP dan SMA se Tompobulu, Kepala RPH Jeneberang I Faris, para kepala desa/lurah, para bhabinkamtibmas, babinsa, kepala dusun/kepala lingkungan, serta puluhan masyarakat lainnya.

Baca Juga

Dalam rapat tersebut sejumlah kegiatan penanaman vetiver dibahas,  diantaranya yakni rencana penanaman tanaman pencegah longsor vetiver yang akan melibatkan kurang lebih 2.700 warga masyarakat Tompobulu.

” Intinya, dalam rapat ini kita turut mensosialisasikan tentang tanaman vetiveria zizanioides (akar wangi) yang merupakan rumput dengan panjang akar mencapai 4 meter dan kekuatan mengikat mencapai 1/6 kekuatan kawat baja yang bertujuan untuk mencegah erosi dan menyerap limbah. Karena itu kita mengharapkan agar seluruh kepala desa, lurah, kelompok tani untuk melibatkan warganya sebanyak mungkin demi mensukseskan penanaman ini,” jelas Camat Tompobulu Zulfikar.

Di tempat yang sama, Kapolsek Tompobulu Iptu Hasbullah mengatakan, penanaman vetiver ini nantinya berguna untuk mencegah terjadinya longsor di wilayah dataran tinggi.

Baca Juga :   Satreskrim Polres Sidrap Ungkap Sindikat Curat

” Semoga penanaman ini terlaksana tuntas dan seluruh luasan lahan yang kita rencanakan bisa tertanami serentak. Kami dari pihak Kepolisian akan mendukung program dari pemerintah ini dan akan memberikan pengamanan sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan aman,” kata Iptu Hasbullah.

Sebelumnya telah diberitakan jika di Tompobulu luasan lahan target penanaman vetiver yakni 26,33 hektare yang disebar pada enam desa dan dua kelurahan.  (sari)

dibaca : 35



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top