ikut bergabung

Wabup Enrekang Hadiri Penataran Manajemen Penanggulangan Bencana


Sulsel

Wabup Enrekang Hadiri Penataran Manajemen Penanggulangan Bencana

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Pemprov Sulsel dan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) RI menggelar Penataran Manajemen Penanggulangan Bencana, yang berlangsung di Kantor Gubernur, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin 10 Februari 2020, kemarin.

Pemetaan manajemen bencana ini diikuti oleh seluruh Forkopimda Sulsel dan kepala daerah serta Forkopimda 24 kabupaten/kota se-Sulsel. Turut hadir Wakil Bupati Enrekang Asman SE.

Dihubungi media seusai acara, Asman menyebut kehadirannya pada kegiatan itu sangat penting. Mengingat Enrekang juga termasuk daerah yang kerap terjadi bencana alam. Menurut Asman, penanggulangan bencana merupakan urusan bersama, dan membutuhkan penanganan cepat dan tepat.

“Disini dibahas mengenai penanganan penanggulangan yang tersusun, terarah dan terencana. Juga solid antara pemkab, polri dan TNI. Termasuk upaya-upaya pencegahannya,” jelas Asman.

Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah mengatakan bahwa kegiatan tersebut penting dilakukan. Dia memaparkan, tahun 2019 lalu ada sebelas daerah yang dilanda banjir, longsor dan angin puting beliung.

Kedepan, kata Nurdin, seluruh elemen pemerintahan, baik pemerintah daerah, Polres dan Damdim dapat sama-sama menghadapi tantangan bencana alam.

“Saya setiap kunjungan ke daerah saya menyempatkan bertemu dengan masyarakat petani, saya mengajak Polres, Dandim dan semuanya untuk menjaga alam dan hutan kita,” ungkap Nurdin.

Kepala BNPB RI, Letjen Doni Monardo membeberkan kerugian yang disebabkan bencana alam di Indonesia, baik tsunami, gempa, banjir longsor dan bencana lainnya tahun 2019 mencapai Rp81,8 triliun. Sedangkan di tahun 2020 ini hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 455 bencana alam yang melanda Indonesia, termasuk di Sulsel sendiri.

Baca Juga :   Jaksa Endus Dugaan Gratifikasi Alih Fungsi Lahan Perumahan Subsidi di Takalar

“Tanpa kolaborasi sangat sulit untuk kita hadapi bencana alam. Jadi dibutuhkan kolaborasi seperti ini baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten bahkan sampai level paling bawah seperti RT dan RW,” jelas Doni.

Selain Kepala BNPB dan rombongan, acara ini juga dihadiri Pangdam Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe, anggota DPR RI, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se-Sulawesi Selatan, Kepala Pelaksana BPBD provinsi dan kabupaten/kota, para pejabat TNI/Polri, dan organisasi perangkat daerah terkait se-Provinsi Sulsel. (Suka)

dibaca : 32



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top