ikut bergabung

Ini Dia Sosok Polisi Penuh Inovasi Pencetus Program ‘Sahabat Pecandu’


Makassar

Ini Dia Sosok Polisi Penuh Inovasi Pencetus Program ‘Sahabat Pecandu’

 

MAKASSAR, UJUNGJARI–Sosok polisi yang satu ini sangat dikenal warga Kelurahan Sambung Jawa. Jiwa sosial serta kepedulian yang tinggi membuat Aiptu Indrawan menjadi figur panutan. Ayah dua anak ini menjabat Bhabinkamtibmas Kelurahan Sambung Jawa. Hampir saban hari waktunya dihabiskan memantau , menjaga, serta membantu penyelesaian persoalan yang menyangkut kamtibmas di Sambung Jawa.

Menariknya, karena Aiptu Indrawan melakukan gebrakan inovasi yang luar biasa. Dia membuat sebuah program yang diberi nama ‘Sahabat Pecandu’.

Baca Juga

Program Sahabat pecandu adalah program dukungan serta rujukan pecandu narkoba mengikuti program Rehabilitasi narkoba.

Selama ini, sudah banyak sahabat pecandu yang dia rujuk ke rehabilitasi, dan bukan hanya sekedar merujuk, melainkan tetap melakukan kontrol terhadap pecandu selama proses rehabilitasi berlangsung. Indrawan juga rutin melakukan sharing serta diskusi dengan para pecandu yang sementara direhab.
Pasca rehab tetap dilakukan kontrol pada pecandu tersebut.
Untuk memudahkan program Sahabat Pecandu, Indrawan juga menjalin kerjasama dengan program rehabilitasi BNN dan beberapa Lembaga pelaksana Rehabilitasi di Kota Makassar.

Program sahabat pecandu merupakan program luar biasa. Bahkan menurut Muh.Sophian Ihramsyah (ketua dewan nasional JANGKAR (Jaringan Aksi Nasional Pengurangan Dampak Buruk Narkoba) l, program Sahabat Pecandu adalah sebuah Inovasi Program yang sangat banyak membantu masyarakat terutama para pecandu untuk keluar dan terlepas dari kecanduannya. “Harapannya semoga program ini bisa di adopsi oleh Binmas se kota Makassar,” Ujar Muh.Sophian Ihramsyah.

Baca Juga :   Cegah Penyimpangan, Danny Pomanto Minta Kejari Kawal Proyek Strategis Pemkot Makassar 2023

Diketahui, program yang telah dilakukan Bhabinkamtibmas Sambung Jawa Polsek Mamajang dalam memberikan Pelayan kepada warga yakni, pelayanan PAJBTB (Paket Antar Jemput Berkas Terima Beres)adalah Pelayanan Bhabinkamtibmas Sambung jawa yang diberikan kepada warga yang menghubungi lewat HP atau WA Sambung jawa dalam hal Pengurusan :Surat ijin keramaian, Surat keterangan hilang . Warga cukup sampaikan lewat WA dan setelah selesai di antar ke ybs. Dan ini salah satu bentuk Pelayanan Quick Response kepada warga. jadi warga sangat terbantu tidak perlu repot ke Kantor Polisi. Selaniutnya, program Suka Duka adalah Program yang dilakukan Bhabinkamtibmas Sambung jawa dalam memberikan Pelayanan kepada warga yg sedang melaksanakan kegiatan antara lain, Suka (Pesta Pernikahan)selalu hadir di lokasi berpartisipasi dalam Pelaksanan kegiatan Pesta Pernikahan utk menciptakan situasi Kamtibmas yg kondusif.. Duka (Kedukaan)Selalu hadir utk memberikan rasa empati kepada keluarga yg ditinggalkan. Selanjutnya akan di antar sampai ke Peristirahatan terakhir agar dalam perjalanan bisa aman, tertib dan lancar. (*)

dibaca : 43



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top