ikut bergabung

Wakil Walikota Turun Pantau Sungai Jawi-jawi


Sulsel

Wakil Walikota Turun Pantau Sungai Jawi-jawi

*Sejumlah Titik Banjir di Pegunungan

PAREPARE, UJUNGJARI.COM —  Akibat intensitas hujan yang mengguyur seharian Kota Parepare, membuat pemukiman warga yang berada di Perumahan Saparas 2, tepat di Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, terendam banjir. Sabtu, 11/1/2020 pukul 20:00 wita malam.

Lokasi langganan banjir di Perumahan Saparas 2 ini yang terletak di sekitar bibir sungai jawi-jawi akibat meluapnya sungai jawi-jawi, bukan saja perumahan saparas 2 tetapi pemukiman rumah warga di pesisir sungai jawi-jawi terendam banjir seperti perumahan sukarno town Panroko kelurahan Bumi harapan kecamatan Bacukiki Barat kota Parepare.

Air sungai jawi-jawi meluapo hingga meneggalamkan sawa tada hujan milik Sukur di perbatasan kelurahan Lapadde dan kelurahan Bumi harapan dekat rumah penulis berita kota Makassar.

Diperkirakan air meluap sekitar hingga 2 meter dari dasar sawa tersebut, namun dilokasi perumahan dan rumah warga sudah dievakuasi untuk antisipasi tingginnya curah hujan yang membuat rumah warga terendam.

Wakil walikota Parepare, H Pangerang Rahim bersama Sekda Parepare, Iwan As’aad turun kelokasi jembatan sungai jawi-jawi yang terletak di kampung baru labempa kelurahan Lapadde kecamatan Ujung kota Parepare atau perbatasan keluarahan Lomoe kecamatan Bacukiki barat kota Parepare, tadi malam sekitar pukul 20:30 wita (sabtu, 11/1/20).

Pangerang melihat langsung rumah warga terendam, dan memintah tim evakuasi bersama TNI-POLRI turun mengevakuasi warga yang tergenang rumahnya air dari sungai Jawi-jawi yang meluap.

Baca Juga :   Pemkab Sidrap Mulai Evaluasi DAK Fisik

Sehingga penghuni rumah tersebut harus mengungsi akibat luapan air sungai membuat kediamannya terendam air.”kami harap kepada warga agar tetap waspada,”tutur Pangerang.

Ditempat lain pada malam yang sama, rumah milik mantan anggota dewan partai demokrat Parepare atau ketua PEKAT Parepare, Nurtiati Sjam juga merngalami rumahnya tergenang air akibat luapan air sungai jawi-jawi yang ada samping rumahnya.

“Terpaksa kita harus mengungsi untuk sementara, sampai keadaan betul-betul membaik, 5 tahun yang lalu kejadiannya juga sudah seperti ini, karena intensitas hujan tunggi mengakibatkan air sungai di Sungai Jawi-jawi meluap,” ungkap, anak mantan walikota Parepare Sjamsu Alam.

Hal senada juga diucapkan oleh Saenal, yang juga merupakan warga sekitar Perumahan Saparas mengatakan, “Jika hujan terus menerus begini, luapan air sungai bisa sampai di Rumah saya,” tuturnya.

dibaca : 76

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top