ikut bergabung

Hindari Banjir, Adnan Ajak Masyarakat Tak Buang Sampah Sembarang Tempat


Aksi pembersihan sampah berkubik-kubik di atas saluran air di dalam kota Sungguminasa tepatnya di Kelurahan Bonto-bontoa, Kecamatan Somba Opu.

Sulsel

Hindari Banjir, Adnan Ajak Masyarakat Tak Buang Sampah Sembarang Tempat

GOWA, UJUNGJARI.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyerukan kepada seluruh tim penanganan sampah untuk mengecek langsung kondisi sejumlah titik rawan genangan disebabkan serakan sampah. 

Salah satu titik rawan genangan adalah saluran air. Tidak dapat dipungkiri saluran air saat ini menjadi salah satu tempat membuang sampah di tengah masyarakat yanh dianggap paling praktis karena dinilai sampah akan ikut aliran air. Namun masyarakat tidak menyadari justru dengan cara ini akan mengundang genangan hingga banjir karena aliran air di saluran pembuangan air menjadi tersumbat oleh sampah yang semula sedikit akhirnya berjuta kubik.

Karena itu Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan pun mengimbau kepada masyarakat Gowa agar lebih meningkatkan kesadaran diri untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga

Seperti diposting di IG-nya, Adnan menyerukan bahwa intensitas hujan saat ini sangat mengalami peningkatan. Karena itu perlu antisipasi untuk agar wilayah permukiman masyarakat terhindarkan dari genangan (sumbatan) yang berujung pada banjir.

” Beberapa ruas jalan yang tahun lalu kita kerjakan saluran airnya juga tidak luput dari genangan. Karena itu atasnama pemerintah kabupaten dan atas nama pribadi, saya meminta maaf atas ketidaknyamanan ini. Saya sudah meminta tim penanganan sampah untuk turun langsung mengecek beberapa saljran yang sudah menyambungkan saluran yang sudah dibenahi. Dan ternyata kondisinya, beberapa saluran air mengalami penyumbatan karena banyaknya sampah. Karena itu, perlu kesadaran kita bersama untuk menangani hal ini,” seru Bupati Gowa, Selasa (7/1/2020).

Baca Juga :   JRM Dorong Pemerataan Pembangunan di Tana Toraja

Adnan mengatakan, tidak hanya perangkat pemerintah saja yang harus melakukan aksi bersih tapi masyarakat juga harus ikut menbantu. 

” Kalau tidak bisa ikut berpartisipasi membersihkan sampah di saluran air, yah cukup dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Dengan cara ini, itu sudah cukup membantu pemerintah. Saya mengajak kita semua untuk membuang sampah pada tempatnya demi untuk kebaikan kita bersama dan terima kasih atas perhatian dan partisipasi ta semua,” kata Adnan. (sari)

dibaca : 32



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top