ikut bergabung

Kekeruhan Capai 521 NTU, PDAM Gowa Mulai Gunakan Bahan Kimia


Kondisi air baku yang sangat keruh kini dalam proses penjernihan di instalasi penjernihan milik PDAM Gowa.

Sulsel

Kekeruhan Capai 521 NTU, PDAM Gowa Mulai Gunakan Bahan Kimia

GOWA, BKM — Curah hujan yang mulai merutin saat ini baik di daerah hilir apalagi di hulu telah berdampak pada kondisi air baku PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa.

Sungai Jeneberang yang menjadi sumber air baku bagi PDAM Gowa tingkat kekeruhannya atau Nephelometric Turbidity Unit (NTU) mulai naik. Hal ini jelas akan mempengaruhi tingkat kualitas produksi air bersih PDAM Gowa.

Jika air keruh otomatis upaya PDAM Gowa untuk menjernihkan akan cukup tinggi dan kini pihak PDAM Gowa sudah akan mengantisipasinya dengan menggunakan bahan kimia.

Saat ini seperti dikatakan Direktur Utama PDAM Tirta Jeneberang Hasanuddin Kamal, penggunaan bahan kimia untuk menjernihkan air keruh PDAM tentu akan dilakukan bila sudah sangat mendesak.

Hingga kini kata Hasanuddin Kamal, kondisi kekeruhan air baku mulai naik. Untuk air baku di IKK Pandang-pandang sendiri tingkat NTU nya 188 NTU untuk air baku dari sungai Jeneberang dan 388 NTU untuk air baku dari waduk Bilibili. Sedang NTU untuk air bersih secara keseluruhan 3,30.

” Kondisi kekeruhan pada air baku ini memang wajar sebab sedang musim hujan. Curah hujan yang cukup tinggi jelas akan berdampak pada tingkat kekeruhan air baku kita yang dominan beradal dari sungai Jeneberang dan Bilibili. Untuk mengantisipasi kemungkinan makin naiknya NTU air baku yang bisa memungkinkan hingga 500-an NTU itu jelas mau tidak mau kita terpaksa menggunakan bahan kimia untuk menjernihkannya dan penggunaan bahan kimia ini akan berdampak pada biaya produksi kita,” jelas Hasanuddin Kamal dihubungi Senin (6/1/2020) siang.

Baca Juga :   Nurlita Bermain bersama Anak-Anak PAUD dan SD di Kalmas

Hasanuddin Kamal pun mengimbau masyarakat pelanggan untuk maklum jika tiba-tiba suplay air ke pipa rumah pelanggan tiba-tiba agak keruh. Tapi kata Hasanuddin Kamal pihak akan berupaya keras mengolah air hingga tetap jernih keluar dari kran rumah pelanggan.

Terpisah Humas PDAM Tirta Jeneberang Nurdiansyah mengatakan dalam kondisi hujan saat ini tingkat kekeruhan air baku terus meningkat. Saat ini kata Nurdiansyah tingkat kekeruhan air baku PDAM Gowa sudah mencapai 521 NTU.

” Untuk mengatasi kekeruhan ini , kami mulai menggunakan bahan kimia dua sampai lima kali lipat dari sebelumnya. Kami lakukan ini agar kualitas air yang sampai ke pelanggan tetap terjaga. Agar air ke pelanggan tetap jernih, kita pakai bahan kimia dua sampai lima  kali lipat. Kita punya bahan kimia jenis PAC, tawas, kaporit dan magnaflog (magnaflog ini yang kadarnya paling tinggi dan mahal),” jelas Nurdiansyah.

dibaca : 166

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top