ikut bergabung

Tiga Posko Siaga Bencana Gowa Mulai Berfungsi


Tim Posko Siaga Bencana Gowa di Kecamatan Bungaya.

Sulsel

Tiga Posko Siaga Bencana Gowa Mulai Berfungsi

GOWA, UJUNGJARI.COM — Posko Siaga Bencana yang dibentuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mulai difungsikan, Kamis (2/1/2020). Dengan berfungsinya posko-posko ini maka diharapkan masyarakat yang mengalami sesuatu kejadian terkait bencana alam baik banjir, longsor dan angin kencang agar segera melaporkan ke posko bencana.

Di Gowa, Pemkab telah membentuk tiga titik Posko Siaga masing-masing berlokasi di pelataran gabungan kantor Damkar dan BPBD Gowa untuk di wilayah dataran rendah. Sementara untuk wilayah dataran tinggi dilokasikan di dua kecamatan masing-masing di kantor Camat Tinggimoncong dan kantor Camat Bungaya.

Pengoperasian posko siaga tersebut berdasarkan instruksi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam rangka memberikan respon cepat saat terjadi kondisi yang tidak diinginkan. 

Kepala Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa Ikhsan Parawangsa mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan pembentukan posko siaga ini. Apalagi pada Januari hingga Februari tahun ini diprediksi adalah puncak musim hujan, sehingga perlu adanya penguatan kesiap-siagaan dalam mengantisipasi jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan. 

“Posko siaga ini memang kita buat untuk memberikan respon cepat saat terjadinya kondisi ekstrim dan arahan bapak Bupati Gowa kita di jajaran pemerintahan harus menjaga kesiap-kesiagaan itu,” kata Ikhsan.

Posko Siaga Bencana ini kata Ikhsan sebagai tempat dan sumber informasi bagi masyarakat dalam mengupdate kondisi cuaca selama memasuki musim penghujan. 

” Kami pun telah menyiapkan tim yang akan menjaga posko secara bergantian untuk memberikan tindakan cepat bilamana terjadi hal terburuk di satu tempat,” ujarnya. 

Baca Juga :   Bupati Barru Saksikan Yudisium Santri Ponpes Modern Kurir Langit

Dalam posko tersebut selain disiapkan akses informasi juga telah disiapkan alat-alat pemberian pertolongan pertama mulai dari tenda, perahu karet, alat kesehatan hingga bahan-bahan logistik dasar lainnya. 

“Untuk tim yang berjaga masing-masing tim aparatur kecamatan, dan desa, serta tim relawan BPBD yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) seperti anggota Pramuka, Tagana, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan PMI yang disebar di masing-masing posko,” sebutnya. 

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar menyebutkan perkiraan cuaca sepekan ini di wilayah Kabupaten Gowa berpotensi hujan lokal, hujan sedang hingga hujan tebal dan dapat berpotensi kilat/petir.

Untuk suhu udara pun mulai dari 20 hingga 31°C, kelembapan udara 75 – 95 persen dan potensi angin: Barat Daya – Barat Laut/ 10 – 30 Km/jam.

dibaca : 52

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top