ikut bergabung

Gandeng IDI, TP PKK Gowa Buka Kelas Ibu Hamil 


Ketua TP PKK Gowa Priska Paramita Adnan memberikan edukasi pentingnya gizi bagi ibu hamil.

Sulsel

Gandeng IDI, TP PKK Gowa Buka Kelas Ibu Hamil 

GOWA, UJUNGJARI.COM — Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Gowa berkomitmen mendorong pencegahan gizi buruk dan stunting pada bayi dengan memberikan edukasi kepada ibu hamil dalam rangka bagaimana merencanakan kesehatan ibu dan bayi sejak dari kandungan hingga melahirkan. 

Salah satunya dengan menggelar Kelas Ibu Hamil dan Penyuluhan 1000 Hari Pertama Kehidupan di Baruga Tinggimae rujab Bupati Gowa, Sabtu (14/12/2019). 

Kegiatan ini dilakukan TP PKK  Gowa menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Gowa dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun ini. 

Baca Juga

Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan, dalam kelas ibu hamil ini diikuti para ibu hamil dan seluruh anggota PKK di Gowa. 

Kegiatan inipun mendapat respon yang sangat luar biasa sehingga jumlah peserta yang ikut melebihi kuota yang disiapkan. 

“Kami tidak menyangka bahwa peserta termasuk para ibu hamil yang ingin ikut itu jumlahnya banyak. Makanya dalam kelas ini kita bagi dua sesi,” kata Priska.

Menurut Priska, kelas ibu hamil yang juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan seperti kelas pijat laktasi, senam hamil, konsultasi kesehatan selama masa kehamilan, hingga kelas pijat untuk bayi ini sangat bermanfaat bagi para ibu hamil maupun ibu yang telah melahirkan. 

” Kelas pijat untuk bayi ini untuk melatih bayi menanggapi stimulasi yang diberikan ibu melalui sentuhan lembut. Tak hanya itu saat memijat bayi juga akan terjadi kontak mata yang secara tidak langsung menstimulasi kecerdasan sosial bayi, sebagai bonding time yang berkualitas antara ibu dan bayi. Bayi yang dipijit akan lebih ceria, rileks dan  membantu tidur lebih nyenyak, pencernaan lebih baik, serta membuat ASI ibu melimpah ruah karena hormon oksitoksin yang meningkat selama ibu melakukan sentuhan pada bayi,” ungkap Priska.

Baca Juga :   Kodim Gowa Bagi Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan

Ia pun mengaku, saat kelas berlangsung para ibu hamil sangat antusias mendengarkan materi termasuk saat mengikuti kelas pijat bayi. Di kelas tersebut pun ibu hamil melakukan sharing beberapa pengalaman dalam menghadapi mitos-mitos tentang pemberian ASI dari para narasumber yang ahli di bidangnya. 

“Kegiatan ini kita lakukan sebagai langkah nyata dalam rangka mendorong terwujudnya Gowa Selamatkan Ibu yang menjadi salah satu program prioritas TP PKK Gowa saat ini,” tegasnya. 

Ketua IDI Gowa dr Suryadi mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif PKK dengan menggelar kelas ibu hamil ini. Keterlibatan IDI Gowa dalam hal ini tentunya sebagai bentuk pengabdian dokter bagi masyarakat untuk memberikan pemahaman yang baik bagi ibu hamil bagaimana merencanakan kesehatan ibu dan bayi sejak dari kandungan. 

dibaca : 64

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top