ikut bergabung

Begini Cara Kadis PTPH Gowa Input Keluhan Petani


Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Gowa Sugeng Priyanto saat berdiskusi dengan para petani di Bontonompo.

Sulsel

Begini Cara Kadis PTPH Gowa Input Keluhan Petani

GOWA, UJUNGJARI.COM — Agar masalah petani dapat diketahui dan diperoleh solusinya dengan baik maka Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) Kabupaten Gowa Sugeng Priyanto melakukan banyak cara untuk hal tersebut.

Salah satu cara yang dilakukan adalah membuka ruang diskusi secara langsung dengan petani yang dikemas dalam ‘Bincang Sore’. Kegiatan ini menurut Sugeng merupakan satu cara efektif untuk menjemput aneka permasalahan petani dalam meningkatkan hasil produksi pertaniannya. 

Seperti dilakukan Senin (4/11/2019) sore kemarin di Desa Bontolangkasa Selatan, Kecamatan Bontonompo. Di desa ini Sugeng membuka ruang diskusi bersama para petani di ruang terbuka.

Baca Juga

” Bincang Sore adalah sebuah program dalam rangka membangun komunikasi dengan para petani secara langsung di lapangan sekaligus mendengar harapan dan permasalahan mereka. Ini kita lakukan jelang musim hujan atau musim tanam,” kata Sugeng.

Jelang musim hujan di akhir tahun 2019 ini, Sugeng mengingatkan petani untuk melakukan rangkaian persiapan pra tanam antara lain pembersihan irigasi atau saluran pertanian.

” Dalam diskusi ini saya menyampaikan persiapan sebelum turun sawah, harus diadakan pembersihan saluran dan menyiapkan sarana dan pengolahan tanah yang sempurna lebih dulu lalu kita mempersiapkan penanamannya,” kata Sugeng.

Diakuinya bahwa petani di Desa Bontolangkasa ini belum bisa melakukan  kegiatan tanam meski jadwal untuk kegiatan di sawah sudah masuk waktu. Hal itu disebabkan karena hujan belum turun. Kalaupun turun sifatnya belum maksimal.

Baca Juga :   Camat Ujung Terlapor Penodaan Agama, Masyarakat Beri Simpati Dukungan

” Jadwal tanam.kita itu pada 10 Nopember mendatang namun hujan belum turun maka petani belum melakukan apa-apa,” jelasnya.

Bincang Sore ini dilakukan jajaran Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan hortikultura dengan menggilir menemui petani di desa-desa di 18 kecamatan di Gowa. (saribulan)

dibaca : 40



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top