ikut bergabung

Gowa Urutan Pertama Daerah dengan Anggaran Pendidikan Terbesar


Sulsel

Gowa Urutan Pertama Daerah dengan Anggaran Pendidikan Terbesar

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni (Adnan-Kio) memiliki komitmen penuh dalam mendorong terciptanya kualitas pendidikan. Hal ini terbukti dengan besaran anggaran pendidikan yang digelontorkan dibandingkan beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. 

Dalam data yang dirilis Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebutkan pada 2018 besaran anggaran urusan pendidikan Kabupaten Gowa berada di urutan pertama.  

Dimana tercatat sekitar 15,44 persen alokasi anggaran pendidikan digunakan di luar transfer daerah atau APBD murni dan 32,23 persen alokasi anggaran pendidikan digunakan dengan transfer daerah. 

Sementara di urutan kedua diraih Kabupaten Luwu Timur, ketiga Kabupaten Bulukumba keempat Kepulauan Pangkajene dan kelima Kabupaten Barru. Sedangkan Kota Makassar berada di urutan 13.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Dr Salam mengungkapkan, penggunaan anggaran yang besar dalam sektor pendidikan ini memang menjadi komitmen Adnan-Kio dalam mewujudkan Kabupaten Gowa yang berjuluk Butta Bersejarah ini sebagai kabupaten pendidikan. 

” Bapak Bupati Gowa memang sangat konsen dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang bukan hanya pada layanan akses tapi juga mutu pendidikan,” kata Dr Salam, Rabu (30/10/2019). 

Ia menyebutkan, pada 2018 anggaran pendidikan Kabupaten Gowa sebesar Rp 66.170.275.717.00 yang bersumber dari APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Sedangkan pada 2019 anggaran pendidikan sebesar Rp 70.750.863.565.90 yang juga bersumber dari APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK). 

Baca Juga :   Rumah Sakit dan Puskesmas Terima 425 Alat Rapid Test dari Tim Satgas Penanganan Covid-19 Sidrap 

” Berdasarkan informasi yang kami dapatkan Kabupaten Gowa masih berada di urutan pertama penggunaan anggaran tertinggi untuk pendidikan,” kata Dr Salam yang juga dosen Bahasa dan Satra Daerah UNM ini. 

Penggunaan anggaran pendidikan ini pun diperuntukkan untuk menunjang sejumlah program-program yang telah dicanangkan. Mulai dari program Pendidikan Gratis, Imam dan Taqwa (Imtaq), program Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB), Investasi Sumber Daya Manusia (SDM) Program Seperempat Abad, dan Gowa Kabupaten Pendidikan yang mana pada program ini membentuk program pendukung seperti tata kelola sistem persekolahan, sentra edukasi dan english camp. 

” Anggaran pendidikan ini juga kita gunakan untuk peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan serta penguatan kapasitas Kepala sekolah melalui penguatan pendidikan dan pelatihan (diklat),” terangnya. 

dibaca : 80

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top