BULUKUMBA, UJUNGJARI–Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba memberikan penghargaan kepada pemuda Bulukumba yang menunjukkan dedikasi dan karya luar biasa meskipun dalam keterbatasan.

Untuk mendorong munculnya pemuda kreatif, Disparpora menyelenggarakan Lelang Karya Pemuda 2024. Pendaftaran dibuka dari 16 September hingga 14 Oktober, diikuti oleh seleksi administrasi pada 15-16 Oktober. Dari proses tersebut, terpilih 15 peserta yang akan melakukan presentasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Presentasi dan wawancara peserta Lelang Karya Pemuda di depan tim juri berlangsung pada Kamis-Jumat, 24-25 Oktober di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba.

Pjs Bupati Bulukumba, Muhammad Rasyid, mengungkapkan kebanggaannya. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Bulukumba, saya mengapresiasi Lelang Karya Pemuda ini sebagai wadah bagi generasi milenial dan Gen Z untuk berkreasi dan mengembangkan bakat,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Lelang Karya Pemuda menjadi momentum untuk berbagi ide dan inovasi, serta menghasilkan praktik baik di lingkungan masing-masing.

Sementara itu Kepala Disparpora Bulukumba, Ferryawan Z Fahmi, berharap kegiatan ini dapat meningkatkan potensi pemuda dalam karya nyata di berbagai bidang.

“Dengan isu strategis dan sumber daya lokal, diharapkan kegiatan ini menjadi panggung bagi pemuda untuk menghadirkan gagasan yang membangun Bulukumba menuju Indonesia Emas 2045,” katanya.

Menurutnya, Lelang Karya Pemuda sebelumnya pernah dilaksanakan sebelum pandemi COVID-19, dan baru tahun ini diadakan kembali, dengan rencana untuk melanjutkan kegiatan ini pada tahun depan.

Kegiatan ini juga akan menambah konsep pendampingan bagi pemuda yang berpotensi mewakili Bulukumba di tingkat provinsi.

Lelang Karya Pemuda bertujuan menemukan pemuda dengan kreativitas tinggi, menciptakan terobosan, serta memberikan penghargaan kepada pemuda yang memenuhi kriteria karya yang membangun.

Setelah tahapan seleksi dan wawancara, dipilih tiga karya terbaik dari lima bidang yang telah ditetapkan. Pemenang Lelang Karya Pemuda 2024 adalah:

1. Juara 1 : Astika S.P (Bidang Pangan) – Usaha LUNRAQ

2. Juara 2 : Faisal Hakim (Bidang Seni dan Budaya) – Usaha LAKOPA Art Studio

3. Juara 3 : Nurul Fahira Mulyani (Bidang Pendidikan) – Karya Blogspot dan Buku Antologi Puisi

Dengan penghargaan ini, diharapkan pemuda Bulukumba terus berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan daerah dan bangsa.(*)