GOWA, UJUNGJARI.COM — Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2024 diperingati seluruh pondok pesantren se Indonesia, tak terkecuali Ponpes yang ada di Kabupaten Gowa.

Pada HSN tahun ini, Sekretaris Kabupaten Gowa Andy Azis Peter hadir di Ponpes Modern AlFityan di Desa Kanjilo, Kecamatan Barombong, Selasa (22/10) dan menjadi inspektur upacara (Irup) HSN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam kesempatan Irup HSN tersebut, Andy Azis mengingatkan penghuni Ponpes agar senantiasa mengejar ilmu agama dan tampil menjadi pendakwah kelak untuk membantu pemerintah kabupaten dalam meningkatkan akhlak generasi muda serta masyarakat Gowa pada umumnya.

Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini yang mengusung tema ‘Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan’ yang artinya sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa melalui syiar Islam.

“Menyambung juang bukan hanya mengenang, tapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern. Santri saat ini harus berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena dan bertanggung jawab untuk tidak sekadar menjaganya, melainkan juga berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik,” kata Andy Azis yang membacakan sambutan seragam Menteri Agama.

Diharapkannya, para santri mampu menjadikan momentum HSN untuk memperkuat komitmen bersama khususnya dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa. Menurutnya santri harus mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah. Santri harus percaya diri karena santri bisa menjadi apa saja. Santri bisa menjadi presiden dan kita punya presiden yang berlatar belakang santri, yaitu KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Santri juga bisa menjadi wakil presiden dan kita punya wakil presiden berlatar belakang santri yaitu KH Ma’ruf Amin,” tambah Andy Azis yang hadir bersama Kepala Kemenag Gowa Jamaris Khalik dan beberapa pimpinan Ponpes se Gowa. –