GOWA, UJUNGJARI.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan tak ingin beberapa bulan di akhir masa jabatannya masih ada kegiatan atau program kerjanya bersama Wabup Gowa Abdul Rauf Malaganni yang tidak optimal.

Karena itu, Adnan pun telah berkomitmen rutin memantau sejumlah kegiatan pembangunan atau kegiatan lainnya khususnya layanan kepada masyarakat dengan tujuannya agar masyarakat tetap terlayani dengan baik tanpa kendala.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal itu dicontohkannya pada pelayanan MPP atau Mal Pelayanan Publik yang telah dibangunnya dan baru beroperasi beberapa bulan di masa akhir jabatannya tersebut sebagai Bupati Gowa pada periode keduanya ini.

Jum’at (18/10) lalu, Adnan menyempatkan diri memantau aktivitas pelayanan masyarakat di MPP Gowa yang terletak di Jl HOS Cokroaminoto, Sungguminasa.

Didampingi sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa, Adnan mengunjungi MPP. Bupati Gowa melihat langsung pelayanan dari sejumlah pelayanan publik yang ada di MPP tersebut, seperti layanan kependudukan dan capil, layanan terkait PBB, layanan BUMD juga layanan perizinan lainnya.

“Salah satu tempat yang tiap bulannya saya usahakan untuk saya tinjau adalah pelayanan yang ada di mall pelayanan publik (MPP). Ini saya lakukan untuk memastikan pelayanan yang ada berjalan maksimal untuk seluruh lapisan masyarakat. Saya tidak ingin ada keluhan masyarakat terkait layanan di MPP ini,” kata Adnan didampingi Kadis PM-PTSP Gowa Indra Setiawan Abbas selaku penanggung jawab operasional MPP.

Salah satu pelayanan yang paling banyak menyedot kunjungan di MPP adalah layanan kependudukan dan capil milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa.

Di loket ini, Bupati Gowa banyak berinteraksi langsung dengan warga yang datang dari berbagai kecamatan dataran rendah. Adnan menanyakan langsung prosedur pelayanan yang diterima masyarakat apakah lancar atau ada kendala. Warga yang duduk antri pun mengaku tidak ada masalah.

Bupati Adnan berharap, seluruh pelayanan yang dibutuhkan masyarakat tidak membuat masyarakat jenuh dan harus membuat masyarakat senang selama berada di MPP. Bahkan Bupati Gowa ke 10 ini minta jika pelayanan kepada warga bisa tuntas dalam sehari maka lakukan dengan baik.

Terpisah, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa Edy Sucipto yang dihubungi ujungjari.com, Senin (21/10) siang mengaku sejak pelayanan kependudukan dan capil dipindahkan ke MPP maka pelayanan terus dibuka.

Setiap hari loket Disdukcapil selalu ramai. Namun Edy mengaku bersyukur karena pelayanan tidak mandek lantaran layanan perekaman dan kebutuhan kependudukan dan capil masyarakat telah dibuka juga di wilayah dataran tinggi melalu MPP kecamatan.

“Alhamdulillah, warga dari dataran tinggi tidak lagi ke MPP kota. Mereka sisa berkunjung di MPP kecamatan masing-masing sehingga antrian di MPP kota tidak padat lagi. Insha Allah warga kami layani dengan baik,” kata Edy. –