ikut bergabung

Mengenal Taqyuddin Djabbar, Branch Manager Kalla yang Maju Jadi Calon Wakil Walikota Parepare


Taqyuddin Djabbar

Tokoh

Mengenal Taqyuddin Djabbar, Branch Manager Kalla yang Maju Jadi Calon Wakil Walikota Parepare

PAREPARE–Sosok Taqyuddin Djabbar tentu tidak asing lagi bagi warga Parepare. Selain karena lahir dan besar di kota kelahiran BJ Habibie ini, TQ, sapaan akrab Taqyuddin juga akrab dan sering berinteraksi dengan masyarakat Parepare.

Pria kelahiran Parepare, 6 September 1968 ini mengecap pendidikan dasar hingga SMA di Parepare. Sekolah dasar di SD Negeri 3 Parepare lalu SMP Negeri 3 Parepare hingga melanjutkan studi ke SMA Negeri 1 Kota Parepare. Di SMP Negeri 1 Parepare, TQ diberi amanah sebagai ketua ikatan alumni.

“Pak Taqyuddin memang ramah dan senang bergaul. Beliau ketua IKA kami di SMP Negeri 1 Parepare,” kata Asnah Baharuddin, salah seorang alumni SMP Negeri 1 Parepare.

Setamat SMA, Taqyuddin melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin. Selanjutnya ia meraih gelar Magister Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar (STIEM) Bongaya. Saat ini TQ sedang menempuh pendidikan doktoral di Universitas Negeri Makassar.

Suami Nur Azizah ini juga dikenal sebagai organisatoris dan aktif dalam kegiatan kemanusiaan. Salah satunya di Palang Merah Indonesia (PMI). Taqyuddin bahkan pernah menjadi Ketua PMI Kota Parepare dua periode. Periode 2011-2016 dan periode 2016-2021.

Aktivis Korps Alumni HMI (Kahmi) ini juga aktif sebagai Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Kota Parepare dan Ketua Ikatan Alumni Unhas Cabang Parepare.

Baca Juga :   Achmad Daeng Sere Kembali ke Senayan; Dulu Lewat PPP, Kini Berbendera Nasdem

Organisasi lainnya yang dipimpin Taqyuddin adalah Ketua Perkumpulan Penggemar Bongsai Indonesia (PPBI) Kota Parepare dan Ketua Ikatan Keluarga Masyarakat Sidrap.

Pengalaman organisasi Taqyuddin juga diperoleh saat aktif di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Parepare, Himpunan Mahasiswa Islam, dan Pemuda Pancasila Sulawesi Selatan.

Dari pernikahannya dengan Azizah, Taqyuddin dikaruniai tiga orang anak. Mereka adalah Achmad Fikhri Djabbar S.Ak., Ak., BDO Jakarta (26 tahun), Alfiyyah Inayah Taqyuddin S.H (advokat), dan Afifah Aprilia Taqyuddin, mahasiswi Fakultas Peternakan Unhas.

Taqyuddin juga dikenal sebagai karyawan andalan di Kalla Group. Ini dibuktikan dengan kebijakan perusahaan yang memberinya amanah sebagai Branch Manager Kalla Toyota di beberapa daerah. Di antaranya Branch Manager PT Kalla Toyota Mamuju, Supervisor PT Kalla Toyota Makassar, Branch Manager PT Kalla Toyota Wajo, dan Branch Manager PT Kalla Toyota Palu.

TQ juga pernah menjadi Branch Manager PT Kalla Toyota Kota Parepare, Manager Fleet Department Kalla Toyota, dan Branch Manager PT Kalla Toyota Kota Parepare.

dibaca : 126

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Tokoh

Populer Minggu ini

Arsip

To Top