ikut bergabung

Arisan Emas; Datang Seruput Kopi, Pulang Bawa Sekeping Emas


ARISAN EMAS. Komunitas Enjoy Makassar saat ngopi bareng dan pengundian arisan di Warkop Masagena Makassar beberapa waktu lalu.

Ekonomi

Arisan Emas; Datang Seruput Kopi, Pulang Bawa Sekeping Emas

BERAWAL dari kebiasaan ngopi bareng, sebuah komunitas group whatsapp di Makassar menginisiasi pentingnya arisan. Komunitas group whatsapp itu bernama Enjoy Makassar. Anggotanya multiprofesi. Ada jurnalis, dokter, politisi, pengusaha, Aparatur Sipil Negara, hingga mantan Wakil Wali Kota.

Salah seorang member grup itu mengusulkan agar tidak sekadar kongkow-kongkow dan omon-omon, ngopi bareng yang lazim dijadwalkan setiap bulan itu lebih bermakna jika diimbuhi aktivitas arisan emas.

Semula banyak anggota komunitas yang belum paham dengan istilah arisan emas. Kebanyakan dari mereka hanya tahu arisan uang. Tetapi setelah mendapat penjelasan dari Rudi, anggota komunitas yang kebetuan juga Agen Pegadaian, para anggota komunitas pun akhirnya paham.

Rudi sang agen Pegadaian itu menjelaskan arisan emas sangat berbeda dengan arisan konvensional atau arisan uang. Arisan konvensional biasanya begitu terima uang, seketika juga langsung habis karena dibelanjakan banyak hal. Jadi tidak berbekas. Sedangkan arisan emas lebih bernilai investasi. Pasalnya harga emas fluktuatif dan cenderung naik setiap saat.

Jumlah peserta per kelompok arisan emas minimal enam orang. Ukuran emas yang dipilih juga variatif. Bisa ukuran satu gram, lima gram, sepuluh gram, atau dua puluh lima gram. Dalam setiap kelompok harus ditentukan ketua arisan. Sebab, si ketua ini yang nantinya akan mengumpulkan iuran peserta arisan emas dan bertransaksi ke Pegadaian setiap bulan.

Baca Juga :   Makassar Travel Fair Surabaya Ajang Promosi Wisata, Kuliner, dan Seni Budaya Kota Daeng

Lalu disepakatilah arisan emas. Pesertanya 13 orang. Ukuran yang disepakati kepingan 10 gram. Ketua kelompoknya juga disepakati. Rudi. Rudi-lah yang menjadi kolektor dan mengumpulkan setoran peserta arisan setiap bulan. Jika setoran terkumpu, Rudi menyetor ke Pegadaian via aplikasi Agen Pegadaian.

Setiap jadwal pengundian yang sudah disepakati, komunitas ini mengundang marketing dari PT Pegadaian untuk datang mengundi sekaligus membawa kepingan emas. Setiap bulan. Lotre arisan selalu digelar di café atau warung kopi sesuai jadwal ngopi bareng komunitas Enjoy Makassar.

Tempat lotre arisan berpindah-pindah. Sesuai warkop atau café yang disepakati anggota arisan. Pernah di Warkop Phoenam, warkop legendaris di Makassar. Pernah juga di rumah kopi Mazagena. Pernah pula di Warkop Megazone, Warkop Sija, dan beberapa warkop lainnya. Pernah juga dilakukan di Café Gade milik Pegadaian Makassar.

Arisan emas komunitas Enjoy Makassar ini berakhir awal 2024 kemarin. 13 peserta arisan itu sudah mengantongi satu kepingan emas masing-masing seberat 10 gram.

dibaca : 850

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Ekonomi

Populer Minggu ini

Arsip

To Top