MAKALE, UJUNGJARI.COM–Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka dianugerahi gelar Laso’ Pindan saat berkunjung ke Tana Toraja, Minggu (26/11). Laso’ Pindan memiliki makna laki-laki bersih. Gelar itu merupakan gelar penghormatan dari dari Tongkonan Lallang Toraja.

Dengan gelar ini, putra Presiden Joko Widodo ini menjadi warga kehormatan (tokko) dari tokoh adat Toraja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Prosesi penganugerahan gelar dilakukan secara adat Toraja di Plaza kolam Makale. Meski diguyur hujan, baik Gibran maupun para tokoh adat tidak bergeming meninggalkan tempat upacara.

Gibran berterima kasih atas gelar kehormatan adat Toraja ini. Wali Kota Solo ini mengatakan penghargaan tersebut tentu merupakan kejadian luar biasa dan tidak semudah itu dilupakan.

“Meskipun kita beda pilihan dalam Pilpres nantinya, persaudaraan hendaknya tetap terjaga. Sebab kita adalah satu,” kata Gibran.

Sebelumnya Ketua Partai Gerindra Tana Toraja Zadrak Tobeg mengatakan, Toraja adalah anugerah Tuhan yang merupakan tanah yang diberkati dan daerah yang penuh inspirasi.

Kelebihan lain dari Toraja, kata dia adalah daerah pariwisata sehingga siapapun yang datang ke Toraja akan membawa berkat.

Kepada cawapres Gibran, Zadrak menitipkan harapan agar pariwisata Toraja terus mendapatkan perhatian ke depan karena memiliki keunikan adat istiadat, keindahan dan panorama alam yang luar biasa.

“Tana Toraja butuh sentuhan dari Pusat sehingga lebih maju tidak kalah dari daerah lainnya,” kata Zadrak.

Dalam lawatannya ke Tana Toraja, Gibran didampingi istri Selvi Ananda dan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. 

Gibran dijemput di Bandara Toraja Air Port oleh pimpinan parpol Koalisi Indonesia Maju Tana Toraja. Hadir juga Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dan ratusan relawan Prabowo-Gibran. (agus)