ikut bergabung

Nilai Tinggi bukan Penentu Kelulusan, Panselkab PPPK Segera Buka Masa Sanggah


INPUT. Para panitia seleksi PPPK Kabupaten Gowa yang menginput hasil tes para peserta saat tes berlangsung Sabtu (18/11). (foto/ist)

Sulsel

Nilai Tinggi bukan Penentu Kelulusan, Panselkab PPPK Segera Buka Masa Sanggah

GOWA, UJUNGJARI.COM — Uji seleksi untuk pendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah tuntas dilakukan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa.

Ribuan pendaftar baik tenaga teknis, tenaga guru maupun tenaga kesehatan telah menjalani proses rangkaian ujian seleksi baik tertulis maupun wawancara dan tes lainnya. Meski sudah tuntas namun menurut Kepala BKPSDM Gowa Zubair Usman proses ujian seleksi untuk online masih berjalan sebab banyak pula pendaftar yang mendaftar via online dari luar Gowa dan Sulawesi seperti dari Kendari maupun Papua.

“Iya pendaftar PPPK ini dari mana saja bisa, bisa saja dia sementara ada di Jakarta misalnya namun karena pas di situ ujian seleksi berlangsung sehingga dia bisa ikut seleksi secara online. Jadi sampai sekarang proses seleksi masih berjalan, ” kata Zubair kepada BKM, Selasa (21/11).

Baca Juga

Terkait hasil pelaksanaan tes yang dilakukan sehari pada Sabtu (18/11) lalu di Wisma Negara CPI Makassar, menurut Zubair pelaksanaan telah berjalan aman dan lancar tanpa kendala.

Kini tim panitia seleksi dalam tahap perumusan nilai-nilai capaian peserta dalam tes yang secara langsung diketahui para peserta.

“Kita masih dalam proses perampungan hasil seleksi karena seleksi untuk mereka (pendaftar umum) yang mendaftar secara online masih berjalan. Setelah proses ini selesai maka akan memasuki tahap pengumuman. Yang diumumkan nanti adalah peserta yang memenuhi syarat maupun yang tidak memenuhi syarat. Setelah itu dibuka masa sanggah selama empat hari. Masa sanggah ini dibuka bagi para peserta untuk memberikan sanggahan pada peserta lain yang ingin disanggah. Hasil sanggah yang diajukan peserta akan kita verifikasi kemudian diajukan ke Panselnas (Panitia Seleksi Nasional). Kami melaporkan juga ke instansi pembinanya. Dan kalau memang sanggahannya benar yang disanggah tersebut, akan digugurkan, ” jelas Zubair.

Baca Juga :   Mayjen Marga Taufik : Saya Jadi Pangdam Karena Nasehat Bupati Luwu

Intinya disini, kata Zubair seseorang calon PPPK yang ikut tes meski meraih nilai tertinggi sekalipun jika ada temannya yang sanggah dan sanggahannya itu berdasar dan sesuai dan dibuktikan melalui klarifikasi dan verifikasi ke instansi tempat kerjanya juga ke kementerian dimana dia bekerja dan itu benar maka yang disanggah bisa jatuh dan tidak lulus.

“Jadi nilai tinggi tidak menentukan kelulusan. Begitu juga jika meraih nilai tinggi, dia tanpa sanggahan dari siapapun namun masih ada yang lebih tertinggi dari nilainya maka akan dilakukan perangkingan. Semisal kita punya nilai 500, tanpa sanggahan tapi ada yang lebih dari nilai kita yakni 570 dan yang diterima hanya tiga orang dalam formasi itu, maka kita tidak lulus juga, ” papar Zubair.

dibaca : 201

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top