ikut bergabung

Tak Mau Salah Menilai, Tim PPD 2023 Interview Langsung Stakeholder di Gowa


VERIFIKASI. Tim Independen PPD 2023 Prof Mudrajad Kuncoro dan tim Bappenas didampingi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melakukan verifikasi langsung kepada para mahasantri di Bajeng. (foto/ist)

Sulsel

Tak Mau Salah Menilai, Tim PPD 2023 Interview Langsung Stakeholder di Gowa

GOWA, UJUNGJARI.COM — Untuk masuk sebagai kabupaten berpredikat terbaik dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023, bukan hal mudah. Terbukti, proses menuju tahapan tersebut hingga meraih predikat juara utama atau terbaik dari 12 kabupaten se Indonesia, Pemerintah Kabupaten Gowa harus melewati penilaian obyektif tim penilai PPD dari pusat tersebut.

Senin (27/3) lalu tim penilai PPD 2023 ini datang ke Gowa dan melakukan kunjungan lapangan untuk menilai langsung dua program pembangunan andalan peningkatan mutu SDM dan peningkatan ekonomi masyarakat yang menjadi ikon dalam penilaian PPD ini.

Tim penilai yang terdiri dari tim Independen dan tim Bappenas ini mengupas dan menelisik hasil pembangunan yang dilakukan Pemkab Gowa dan disingkronkan dengan para stakeholder. Tim penilai ini melakukan kunjungan lapangan untuk memastikan kesesuaian data dengan bukti fisik yang ada di lapangan.

Seperti dilakukan kemarin, tim penilai mendatangi langsung Lembaga Pendidikan Mahasantri yang terletak di Kecamatan Bajeng dan melakukan interview langsung dengan lara mahasantri dan tenaga pengajar. Demikian pula saat kunjungan ke Kampung Rewako di Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga.

Di kampung rewako yang didalamnya menjadi salah satu tempat peningkatan ekonomi masyarakat sekaligus tempat wisata yang berdampak pada peningkatan pendapatan daerah itu, tim penilai PPD berinteraksi dengan pengelola serta pengunjung.

“Kabupaten Gowa menjadi salah satu dari 12 kabupaten di Indonesia yang berhasil lolos ke tahap ketiga atau final ini, sehingga kami selaku tim penilai betul-betul melakukan verifikasi lapangan dengan mengunjungi langsung dua lokus yang diajukan yaitu Lembaga Pendidikan Mahasantri di Kecamatan Bajeng dan Kampung Rewako Jenetallasa di Kecamatan Pallangga. Kunjungan ini untuk melihat dengan mata kepala sendiri, apa yang sudah ditulis di dokumen perencanaan yang dikirim kepada kami maupun presentasi yang sudah disajikan Pak Bupati Gowa di depan tim dengan sisi yang berbeda, kita ingin menggali pendapat dan berbicara langsung kepada masyarakat tentang program ini,” tandas Prof Mudrajad Kuncoro sebagai tim penilai independen dari PPD 2023 ini sesaat tiba di Gowa dan diterima oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Baruga Karaeng Pattingalloang, kantor Pemkab Gowa, Senin kemarin.

Baca Juga :   Adnan: Para ASN Ayo ke TPS, Ajak Keluarga dan Tetangga

Prof Mudrajad menyebutkan, pada tahap pertama penilaian PPD ini bernilai 30 persen dan Gowa berada di urutan ke tujuh, kemudian tahap kedua dengan bobot 25 persen Gowa naik ke urutan ketiga, sehingga di tahap ketiga ini dengan kunjungan lapangan langsung diharapkan bisa lebih baik atau sesuai dengan ekspektasi tim penilai.

dibaca : 266

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top