ikut bergabung

Kampung Rewako Gowa Masuk 10 Besar Penilaian PPD Sulsel


PRESENTASI. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan presentasi terkait inovasi Kampung Rewako Gowa. (foto/ist)

Sulsel

Kampung Rewako Gowa Masuk 10 Besar Penilaian PPD Sulsel

GOWA, UJUNGJARI.COM — Salah satu destinasi wisata baru yang kini mampu meningkatkan kapasitas desa kelurahan di Kabupaten Gowa adalah Kampung Rewako.

Di Kabupaten Gowa, terhadap Kampung Rewako dan tersebar di 26 desa kelurahan. Salah satunya adalah Kampung Rewako Jenetallasa di Desa Jenetallasa, Kecamatan Pallangga.

Inovasi pendirian Kampung Rewako di Kabupaten Gowa ternyata mampu membantu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya saat pandemi Covid-19 yang mulai melanda Indonesia termasuk di Kabupaten Gowa pada 2020 – 2021 silam.

Atas dasar itu, peningkatan produktivitas masyarakat terdampak sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas ekonomi desa sehingga diterbitkanlah surat untuk meminta camat menunjuk satu desa kelurahan sebagai Kampung Rewako untuk dimanfaatkan masyarakat sekitar. Kini kehadiran Kampung Rewako di setiap desa kelurahan pun menjadi destinasi wisata baru di Gowa.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan inovasi Kampung Rewako Desa Jenetallasa ini dikerjasamakan dengan Pemdes melalui Bumdes dan merekrut warga sekitar untuk diberdayakan sehingga ada penghasilan.

“Dengan hadirnya Kampung Rewako ini pengangguran kita berkurang karena merekrut tenaga kerja dari masyarakat sekitarnya dan meningkatkan jumlah rumahtangga produktif yang menjajakan dagangannya di jalur yang dilalui pengunjung menuju lokasi Kampung Rewako,” ucap Adnan.

Adnan mengaku kehadiran Kampung Rewako ini sangat terasa bagi Pemkab Gowa sebab mampu menghadirkan output, outcome dan impact bagi daerah. Pasalnya tambah Adnan, inovasi ini mampu menunjang pertumbuhan ekonomi Gowa yang tumbuh positif 7,26 persen dan tingkat pengangguran terbuka turun ke 3,26 persen di tahun 2022 yang sebelumnya pada 2021 berada di angka 4,30 persen.

Baca Juga :   Besok, Gubernur Serahkan Bantuan APD ke Tim Gugus Covid-19 Luwu

“Kampung Rewako ini menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Gowa bahkan Sulawesi Selatan karena didalamnya terdapat beberapa unit usaha yang mampu memasukkan omzet ratusan juta setiap bulannya. Bukan hanya di Kampung Rewako Jenetallasa tapi juga di 26 desa kelurahan se Kabupaten Gowa yang sudah mereplikasi Kampung Rewako yang sama,” jelas Adnan.

Dampak dari inovasi Kampung Rewako ini, Gowa berhasil masuk 10 besar kabupaten di Sulawesi Selatan dan lolos ke tahap kedua pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 tingkat Provinsi Sulsel.

Atas kesempatan lolos 10 besar itu, Bupati Gowa pun melakukan presentasi Inovasi Kampung Rewako terkait peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan sesuai tema Rencana Kinerja Pemerintah (RKP) tahun 2023 di Kantor Balitbangda Sulsel di Makassar, Rabu (8/2) lalu.

dibaca : 105

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top