BARRU,UJUNGJARI— Tiga pejabat dilingkup Pemkab Barru diberikan pekerjaan rumah untuk membantu Komisi Pemilihan Umum( KPU) dalam rangka rekruitmen anggota Panitia Pemilihan Kecamatan( PPK) dan Panitia Pemungutan Suara( PPS).

Pekerjaan rumah ini merupakan perintah langsung dari Bupati Barru Suardi Saleh sebagai wujud komitmen Pemkab Barru dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak 2024.

Ketiga pejabat tersebut yakni Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan dan Camat Barru. Para pejabat ini diminta untuk memfasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka penerimaan para pendaftar calon PPK dan PPS tingkat kabupaten Barru.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kadis Pendidikan diminta oleh Suardi agar menyiapkan tempat tes tertulis dari penerimaan calon PPK. Begitu pula Kadis Kesehatan agar dapat memberikan kelancaran dalam pemeriksaan kesehatan. Sedangkan para Camat diwarning untuk menyiapkan Sekretariat PPK

Tugas khusus ketiga Pejabat Pemkab Barru ini diungkapkan Bupati Barru Suardi Saleh saat menerima Ketua KPU Barru bersama para Komisioner KPU lainnya yang menjadi tamu Bupati dalam silaturahmi di ruang kerja Suardi Saleh, Jum’at (25/11).

Dalam pertemuan ini, selain dihadiri Bupati Barru juga hadir Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Ketua dan Komisioner KPU serta Camat se Kabupaten Barru.

Ketua KPU Barru Syarifuddin H. Ukkas menyatakan rapat tersebut dalam rangka mengkoordinasikan pelaksanaan tahapan rekruitmen anggota pantia pemilihan tingkat kecamatan.

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mulai merekrut anggota badan ad hoc di tingkat kecamatan (Panitia Pemilihan Kecamatan/PPK) dan kelurahan (Panitia Pemungutan Suara/PPS),” kata Syarifuddin.

“Pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 dibuka secara online melalui aplikasi Siakba.kpu.go.id untuk pendaftaran PPK Pemilu 2024,” jelasnya.

Kedatangan pihak KPU hari ini untuk mengkoordinasikan ke Pemerintah Daerah mengenai tempat pelaksanaan tes tertulis kemudian tes kesehatan serta sekretariat PPK.

Sementara itu Komisioner KPU lainnya Lilis Suryani menjelaskan bahwa rekrutmen PPK berlangsung.dari 20 November-16 Desember 2022. Sedangkan PPS pada 18 Desember 2022-16 Januari 2023.

Di Barru pendaftar sampai hari ini sudah ada 271 orang dan untuk sementara sudah ada 38 orang yang sudah memenuhi berkas. Sedangkan untuk tes terulis menggunakan cat dimana minimal peserta 3X kebutuhan atau 3×5 orang yang sementara dikoordinasikan tempatnya.

Bupati Barru Suardi Saleh menyampaikan terima kasih atas kunjungannya ketua dan para komisioner KPU Barru dalam rangka persiapan-persiapan pelaksanaan tahapan pemilu 2024.

Suardi mengharapkan melalui silaturahmi yang dilakukan dapat terjalin komunikasi yang efektif menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Agar dalam perencanaan menghadapi Pemilu Serentak 2024 dan Pemilihan 2024 dapat berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan dalam pelaksanaan pemilu yang akan datang,” ujar Bupati( Udi)