ikut bergabung

Selain Pertahankan Juara Umum, Ini Tujuh Prestasi Membanggakan Kontingen Makassar di Porprov Sulsel 2022


PRESTASI. Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto DB didampingi sejumlah pengurus KONI Makassar saat diwawancara wartawan pada Porprov Sulsel lalu. (Foto: Rudi)

Olahraga

Selain Pertahankan Juara Umum, Ini Tujuh Prestasi Membanggakan Kontingen Makassar di Porprov Sulsel 2022

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM--Selain sukses mempertahankan gelar juara umum, kontingen kota Makassar juga mencatat sembilan prestasi membanggakan di pentas Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel 2022 di Sinjai dan Bulukumba, 22-30 Oktober 2022.

Apa saja prestasi membanggakan itu? Berikut ulasannya.

Pertama,
kali pertama Makassar meraih medali terbanyak dengan rincian 177 emas, 80 perak, dan 100 perunggu. Ini merupakan pencapaian terbaik sejak Porprov yang sebelumnya bernama Pekan Olahraga Daerah (Porda) digelar. Meningkat 72 persen lebih dibanding Porprov 2018 di Pinrang yang hanya meraih 103 medali emas.

Kedua
, mencetak enam rekor Poprov. Empat dari enam rekor itu diciptakan atlet renang dan dua lainnya dari cabang atletik. Salah seorang pencetak rekor itu adalah Aril Hidayatullah, atlet renang yang membuat tiga rekor dari nomor 1.500 meter gaya bebas putra, 200 meter gaya ganti perorangan putra, dan 200 meter gaya dada putra. Atlet Makassar pemecah rekor lainnya adalah sprinter putri, Nurul Azizah dari nomor lari 200 meter putri.

Prestasi spektakuler ketiga
adalah menyapu bersih medali emas, perak dan perunggu di nomor women individual cabor menembak. Tiga atlet Makassar yang mendominasi nomor ini adalah Sri Setiaty Handayani, Fidelya Frischa Eclesia, dan Reshinda.

Prestasi spektakuler keempat adalah menyapu bersih tujuh medali emas dari tujuh nomor yang dipertandingkan di cabang olahraga tenis lapangan. Ke tujuh nomor itu adalah beregu putra, beregu putri, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Baca Juga :   Cerita Doni Monardo "Diprotes" Teman-temannya

“Sapu bersih tujuh emas dari tujuh nomor ini kali pertama terjadi sepanjang penyelenggaraan Porprov Sulsel,” kata manajer tenis lapangan Makassar, Yusnadi.

Prestasi spektakuler kelima adalah menciptakan Makassar All Final ganda putri bulutangkis di nomor ganda putri. All final juga menjadi sejarah baru bulutangkis selama penyelenggaraan porprov Sulsel.

Prestasi membanggakan keenam
datang dari cabang sepakbola. Tim Makassar meraih medali emas dari sepakbola setelah 30 tahun menanti. Tim Makassar berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan tim Maros lewat drama adu penalti dengan skor 5-4.

Pretasi ketujuh
adalah kali pertama seluruh cabor yang diikuti kontingen Makassar meraih medali. Berbeda dengan Porprov 2018 di Pinrang, kala itu ada beberapa cabor yang gagal membawa pulang medali. Salah satunya balap motor. Tetapi di Porprov 2022 ini, tim balap motor sukses mempersembahkan satu keping emas untuk kontingen Makassar.

dibaca : 80

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Olahraga

Populer Minggu ini

Arsip

To Top