ikut bergabung

Agar Hasil Murni, 303 Calon Panwascam Dites CAT


SELEKSI. Pelaksanaan seleksi tes tertulis sistem CAT yang diikuti para peserta calon Panwascam Gowa.(foto/ist)

Politik

Agar Hasil Murni, 303 Calon Panwascam Dites CAT

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 303 pendaftar Panwascam yang telah lolos verifikasi kini mulai mengikuti seleksi lanjutan berupa tes tertulis. Hanya saja tes tertulis yang diberlakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa dalam seleksi calon Panwascam Pemilu 2024 ini, dilakukan secara CAT atau Computer Assisted Test. Tes CAT ini berlangsung di SMKN 2 Kabupaten Gowa, Sabtu (15/10) lalu.

Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi bersama sejumlah staf hadir memantau pelaksanaan ujian CAT tersebut. Bahkan sebelum dilakukan tes, Arumahi mengecek langsung seluruh kelengkapan dan kesiapan pelaksanaan ujian yang dihelat Bawaslu Gowa ini.

Pelaksanaan tes itu sendiri, merupakan salah satu rangkaian seleksi bagi para pelamar Panwascam yang sudah dinyatakan lulus administrasi dan dijadwalkan akan berlangsung dua hari.

Dari 303 peserta yang lolos verifikasi, sebanyak 149 mengikuti tes tertulis CAT ini dihari pertama. Hari kedua giliran 154 orang lagi.

Koordiv SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Gowa Suharli mengatakan tes dengan sistem CAT ini merupakan proses murni, angka keenam tertinggi akan mengikuti seleksi tahap selanjutnya.

Adapun jumlah soal dalam tes tersebut, sebanyak 100 poin pertanyaan dengan waktu 90 menit dan secara garis besar seputar Pancasila dan tentang kepemiluan dan studi kasus dalam Pemilu.

“Pertanyaannya terkait kepemiluan dan wawasan kebangsaan. Dengan sistem ini, maka tidak ada intervensi sama sekali, jadi nilai dari hasil kerja para peserta tersebut murni, akurat,” jelas Suharli.

Baca Juga :   Bersama Tokoh Masyarakat Palopo, RMS Siap Entaskan Kemiskinan

Tes CAT ini dipantau belasan pengawas yang terdiri dari staf Bawaslu Kabupaten Gowa.

“54 anggota Panwascam yang terpilih nantinya merupakan orang yang mempunyai pengetahuan yang mumpuni, dedikasi tinggi, profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas pengawasan semua tahapan Pemilu 2024,” kata Suharli.-

dibaca : 73



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top