ikut bergabung

Massa Gerakan Sangtorayan Bentrok dengan Polisi di PN Makale


Sulsel

Massa Gerakan Sangtorayan Bentrok dengan Polisi di PN Makale

MAKALE, UJUNGJARI-– Ribuan warga Toraja Utara gabungan ormas dan masyarakat adat yang tergabung dalam “Gerakan Sangtorayan”, Rabu (14/9) melakukan aksi demo depan Pengadilan Negeri (PN) Makale mengawal jalannya sidang putusan kasus perdata sengketa  lapangan Gembira.

Hasil putusan PN Makale menolak seluruh gugatan penggugat Pemda Provinsi Sulsel atas dua obyek yang telah bersertifikat SMA 2 Rantepao, dan lokasi perkantoran Kehutanan.

Pasca putusan PN Makale, bentrokan pun tak terhindarkan,  massa mulai beringas melempar petugas dengan batu. Sejumlah kaca depan PN Makale pecah kena lemparan, dan fasilitas lainnya ikut dirusak.

Aparat membalas lemparan batu dengan siraman air dari mobil Water Canon, dan tembakan gas air mata.
Demo sengketa lapangan Gembira di Pengadilan Negeri (PN) Makale, dengan tergugat H.Ali, sebelumnya menang di Mahkamah Agung (MA).

Bentrokan kembali terjadi sekitar pukul 15.30 setelah massa silih berganti orasi dan menutup total jalan poros Makale-Rantepao.

Puluhan pendemo yang diketahui melakukan pelemparan kepada petugas berhasil ditangkap dan digelandang ke Polres Tana Toraja.

Ratusan aparat gabungan Polres Tana Toraja, Polres Toraja Utara, Brimob Parepare dan Polsek Makale melakukan pengamanan dipimpin Wakapolres Kompol Yulius L.Palayukan.

Hingga sore ini bentrokan masih berlangsung dan lemparan batu ke arah petugas masih kerap terjadi.

Gerakan Sangtorayan diketuai Drs Nataniel Limbong, dan Sekretaris Gusti Poli, memperjuangkan dan mempertahankan tanah leluhur tongkonan Ba’lele menyampaikan 5 aspirasi.

Baca Juga :   Satlantas Polres Luwu Gelar Ops Zebra 2019

Sala satunya lapangan Gembira adalah tanah dari masyarakat adat Ba’lele sudah diserahkan ke Pemerintah untuk kepentingan umum. Kami prihatin sejak tanah ini diperkarakan sejak tahun 2017 membuat ketidaknyamanan guru dan siswa SMA 2 Toraja Utara proses belajar mengajar, ujar Nathan Limbong. (agus)

dibaca : 62



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top