ikut bergabung

Buka Bimtek SP4N, Wabup Zadrak: Semua ASN Tana Toraja Tidak Boleh Gaptek


Zadrak Tombeg

Sulsel

Buka Bimtek SP4N, Wabup Zadrak: Semua ASN Tana Toraja Tidak Boleh Gaptek

MAKALE, UJUNGJARI.COM — Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg, membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) kepada Pejabat Pengelolah Informasi dan Dokumentasi (PPID), Senin (15/8/2022).

Kegiatan yang mengangkat tema “Urgensi Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik Lingkup Pemerintahan Kabupaten Tana Toraja”, digelar di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tana Toraja.

Di depan ratusan peserta utusan OPD, Zadrak Tombeg mengatakan, urgensi Bintek SP4N kepada ASN dan seluruh pejabat daerah agar tidak gagap teknologi (gaptek) dengan kemajuan dan perkembangan tehnologi.

Menurut Zadrak, dokumentasi dan publikasi kegiatan sangat penting  bentuk keterbukaan publik pemerintah.

Karena itu, pasca Bintek SP4N dan PPID nanti, tidak ada lagi aparatur sipil negara (ASN) atau pejabat daerah lingkup Pemkab Tana Toraja tidak bisa mengoperasikan internet. “Kalu sekarang belum bisa terus belajar dan harus bisa”, tutur Zadrak.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  (Kominfo) Tana Toraja, Berthi Mangontan, melaporkan tujuan Bimtek Sistem Pengelolahan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) kepada Pejabat Pengelolah Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai pengelolahan informasi dan dokumentasi untuk kepentingan keterbukaan informasi  publik.

Keterbukaan informasi publik adalah salah satu ciri penting negara demokratis menjunjung tinggi kedaulatan rakyat bertujuan mewujudkan good governance.

Pengelolaan informasi publik yang baik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat sadar informasi.

Baca Juga :   Deputi KPW BI Pemprov SulSel Audiensi dengan Walikota Palopo

“Keterbukaan informasi publik diatur
Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagai produk hukum Indonesia,” pungkas Berthy.  (Agus)

dibaca : 35



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top