ikut bergabung

Ini Program Inspiratif Budiman Hakim, Kader PDIP dari Ujung Timur Sulawesi Selatan


Budiman Hakim

Politik

Ini Program Inspiratif Budiman Hakim, Kader PDIP dari Ujung Timur Sulawesi Selatan

MALILI,UJUNGJARI.COM–Bupati Luwu Timur, Budiman Hakim merupakan satu-satunya kader PDI Perjuangan yang menjadi kepala daerah di Sulsel. Sebelum menjadi kepala daerah, Budiman dikenal sebagai pamong yang mengawali kariernya dari guru olahraga.

Sebagai kader PDIP yang diberi amanah memimpin Luwu Timur, mantan pelatih renang itu sukses membuat beberapa inovasi dan program inspiratif di Luwu Timur. Di awal pemerintahannya pada awal 2020, selain pandemi covid-19, situasi politik di daerahnya juga memanas pascapilkada yang menjurus pada perpecahan warga karena polarisasi pilihan politik. Perpecahan itu bahkan merembes ke bidang pemerintahan.

Mengatasi kemelut itu, Budiman melakukan langkah strategis dengan menyatukan ritme dengan stakeholder pemerintahan agar dapat berjalan produktif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di tengah situasi pandemi. Ia lalu menggagas program City Branding Luwu Timur Inspiring dengan tagline “berkelanjutan dan lebih maju” sebagai spirit bersama dalam menciptakan program inspiratif dan berdampak luas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pola pemerintahan kolaboratif yang dijalankan Budiman dengan konsep Pentahelix Collaboration melahirkan sebuah terobosan di awal pemerintahannya, dengan melibatkan berbagai perusahaan yang berada di Luwu Timur dalam pembangunan daerah. Beberapa perusahaan telah mengalokasikan dana CSR perusahaannya untuk pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) tanpa menggunakan APBD.

Perusahaan itu antara lain PT Vale Indonesia, Tbk membangun Bundaran Batara Guru yang akan menjadi ikon baru kabupaten Luwu Timur dengan anggaran puluhan miliar. Selain itu juga ada PT Citra Lampia Mandiri membangun sport centre di pusat perkantoran Pemda Luwu Timur. Bank Sulselbar juga membangun taman lapangan merdeka di pusat Kota Malili, dan beberapa perusahaan lainnya.

Baca Juga :   Permata Kirim Surat Terbuka untuk Relawan Kacamatayya, Begini Isi Suratnya

Ini adalah wujud komitmen dan kepiawaian Budiman dalam membangun komunikasi dan kolaborasi. Di bawah kepemimpinannya, Luwu Timur mewujudkan program yang merupakan satu-satunya di Indonesia, yakni program multisektor Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Satu Miliar Satu Desa di luar dana Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD dan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN.

Program ini adalah upaya pemerataan pembangunan dan keberpihakan pemerintah dalam membangun kemandirian desa. Tidak hanya itu H. Budiman menciptakan satu program peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yakni satu kamar satu pasien dan pengantaran pasien pasca rawat inap secara gratis.

dibaca : 269

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top