ikut bergabung

274 CJH Gowa Berangkat Dua Kloter, Daftar Tunggu Hingga 36 Tahun


MANASIK. Manasik calon jamaah haji yang digelar di Masjid Miftahussaadah Balang-balang, Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Gowa. (foto/ist)

Sulsel

274 CJH Gowa Berangkat Dua Kloter, Daftar Tunggu Hingga 36 Tahun

GOWA, UJUNGJARI.COM — Tahun 2022, Kabupaten Gowa hanya dijatah kuota calon jamaah haji (CJH) sebanyak 274 orang. Jumlah ini sangat sedikit dibanding kuota untuk Gowa tahun-tahun sebelumnya seperti tahun 2019, Gowa dapat kuota 597 orang.

Pengurangan kuota CJH ini adalah berdasar kebijakan dari Pemerintah Saudi Arabia yang berlaku di seluruh negara termasuk Indonesia.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Gowa H Tajuddin saat dikonfirmasi BKM, Senin (30/5) siang menjelaskan, pemberangkatan calon jamaah haji sejak pandemi Covid-19 tertunda dua tahun membuat pemberangkatan tertunda-tunda dan daftar tunggu bertambah.

” Tapi alhamdulillah tahun ini haji mulai dibuka lagi. Artinya kita sudah bisa memberangkatkan lagi. Hanya saja jumlah yang berangkat sedikit saja hanya 274 orang. Pengurangan ini bukan mau kita tapi karena kebijakan dari pemerintah Arab, ” kata Tajuddin.

Mantan Kepala KUA Kecamatan Somba Opu ini menambahkan, meski dilakukan pengurangan namun pihaknya bersyukur karena pemberangkatan haji kembali dibuka lagi.

Ditanya soal waiting list (daftar tunggu), Tajuddin mengatakan karena protek di aplikasi berdasarkan kuota tahun ini dimana pada tahun ini terdapat pemotongan kuota.l, sehingga apabila berdasarkan kuota awal Kabupaten Gowa maka estimasi waiting list ini dipastikan hingga 36 tahun.

Terkait persiapan pemberangkatan CJH ini, pihak Kemenag Gowa yang menangani langsung pemberangkatan calon jamaah haji di Gowa tengah melakukan tahap persiapan. Setelah manasik tingkat Kabupaten Gowa dibuka resmi oleh Bupati Gowa di gedung D’Bollo Sungguminasa pada Rabu (25/5) lalu, manasik lanjutan dilaksanakan di tingkat kecamatan.

Baca Juga :   Adnan Apresiasi Kerjasama APKASI-Kemendikbud Ristek Program Dana Hibah Kedaireka

Bimbingan manasik haji tingkat kecamatan dilaksanakan selama empat hari, mulai 28-31 Mei 2022 di empat kecamatan yakni Kecamatan Somba Opu, Pallangga, Bontomarannu dan Bajeng.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat membuka manasik haji secara virtual dan disaksikan para calon jamaah haji di gedung D’Bollo tersebut meminta para calon jamaah
untuk selalu jaga stamina, jaga kesehatan dan jaga fisik, sehingga dapat melaksanakan tahapan ibadah haji dengan baik.

Adnan juga meminta seluruh calon jamaah untuk mendoakan wilayah Kabupaten Gowa sehingga bisa terus maju, berkembang dan masyarakat Gowa makin sejahtera dimasa-masa yang akan datang.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa H Aminuddin mengatakan manasik ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman dan pengetahuan tentang manasik kepada seluruh calon jamaah haji sehingga mampu menjadi haji yang mabrur, sehat dan berkah.

dibaca : 78

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top