ikut bergabung

Lima Mahasiswa Teknik Sipil Unhas Raih Best Popularity Award di Kompetisi Internasional


JUARA. Kelima mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Unhas yang meraih juara sebagai Best Popularity Award di Malaysia. (foto/ist)

Berita

Lima Mahasiswa Teknik Sipil Unhas Raih Best Popularity Award di Kompetisi Internasional

GOWA, UJUNGJARI.COM — Nama Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar kembali menjajal prestasi di kompetisi Internasional yang berlangsung di Malaysia. Tim Unhas yang meraih prestasi itu adalah Tim Departemen Teknik Sipil Universitas Hasanuddin.

Tim bernama Karampuang Departemen Teknik Sipil Unhas ini berhasil meraih juara kategori Best Popularity Award pada Lomba Internasional University of Malaya Civil Engineering Competition (UMCvEC) 2022 yang diselenggarakan oleh University of Malaya, Malaysia, 7 Mei 2022 ini.

Kompetisi UMCvEC 2022 yang diselenggarakan secara zoom meeting ini merupakan kompetisi tahunan yang diadakan oleh University of Malaya. Kegiatan ini mengusung tema ‘Green Olympic Village’. Pada kompetisi ini peserta mengusulkan desain perancangan wisma atlet dan roof truss yang menerapkan prinsip green design, sehingga desain lebih efisien dan mengedepankan aspek keberlanjutan.

Dibawah bimbingan Dr Eng Ir Hj Rita Irmawati ST, MT, Tim Karampuang Unhas yang beranggotakan lima orang mahasiswa masing-masing tiga mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2018 yakni Yusril Ramadhan, Hari Anggara, Muthmainnah ini berkolaborasi indah dengan Muhammad Fadli Al Kautsar dan Muh Farhan Muhlis (keduanya mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2020).

Kelima tim hebat Karampuan ini, berhasil mendesain sebuah inovasi wisma atlet yang aman, ramah lingkungan dan estetik, juga desain roof truss yang kokoh dan ringan.

“Alhamdulilah, dengan perjuangan keras dan proses panjang yang dilalui, akhirnya tim Karampuang berhasil meraih predikat juara kategori Best Popularity Award. Karampuang terinspirasi dari budaya Bugis Sinjai yang bermakna tempat bertemunya para raja-raja, hal ini menjadi filosofi kami mendesain wisma atlet yang berfungsi sebagai tempat bertemunya para atlet dari berbagai daerah, dan kami mempersiapkan kompetisi ini sejak Januari 2022 lalu,” papar Yusril Ramadhan selaku ketua tim.

Baca Juga :   Wujudkan Swasembada Pangan, Mentan Amran Gandeng Perhimpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia

Dikatakan Yusril bahwa prestasi ini sangat membanggakan sebab tim Unhas satu-satunya yang mewakili Indonesia pada ajang Internasional UMCvEC 2022.

” Semoga prestasi ini menjadi pemantik untuk adik-adik mahasiswa lainnya untuk turut berprestasi lebih ke depan,” kata Prof Wihardi selaku Ketua Departemen Teknik Sipil FT-UH.

Sememtara itu, Dekan Fakultas Teknik Sipil Unhas Prof Dr Eng Ir Muhammad Isran Ramli, ST, MT, mengaku sangat berbahagia atas prestasi tersebut. .

“Kami mengapresiasi pencapaian yang diraih dan tentunya sangat membanggakan kita semua. Semoga raihan ini memberi inspirasi buat mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkompetisi,” kata Prof Isran Ramli.

dibaca : 179

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top