ikut bergabung

18 Babi di Bontomanai Berhasil Dimusnahkan


Sulsel

18 Babi di Bontomanai Berhasil Dimusnahkan

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM — Perburuan hama babi kembali dilaksanakan oleh Tim Pemburu Babi Bulukumba. Kali ini wilayah yang menjadi sasaran perburuan adalah Desa Bontomanai Kecamatan Rilau Ale, Minggu 13 Maret 2022.

Meski cuaca hujan mengguyur sepanjang hari, tidak menyurutkan semangat para tim pemburu babi melakukan perburuan. Kegiatan memburu babi ini baru kembali dilaksanakan setelah tiga pekan sempat tertunda.

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Thaiyeb Maningkasi yang juga menjadi Ketua Tim Perburuan Babi, kegiatan memburu babi ini akan terus dilakukan dengan terus mengajak warga untuk berpartisipasi agar hama babi yang merusak pertanian warga semakin diminimalisir.

“Alhamdulillah, hari ini 18 ekor babi di Desa Bontomanai berhasil dibasmi berkat kerjasama tim, masyarakat dan pemerintah setempat,” imbuh Thaiyeb Maningkasi.

Dikatakan program pemberantasan hama babi oleh Pemkab Bulukumba yang dinahkodahi Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wabup Andi Edy Manaf merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi hasil pertanian dan perkebunan. Kegiatan perburuan babi ini sudah dimulai sejak 5 bulan yang lalu.

Perburuan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kebersamaan dan gotong royong warga Bulukumba untuk bersama-sama memberantas hama babi, oleh karena hama babi ini menjadi sangat mengganggu dan merugikan masyarakat.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf mencanangkan program perburuan ini lantaran penggunaan racun Sianida belum mendapat izin dari pihak Polri.

Baca Juga :   Kadinkes Pinrang Paparkan Program Vaksinasi Anak Usia 6 hingga 11 Tahun Sudah Berjalan

Di sisi lain, cara lazim dengan menggunakan perangkap listrik juga tak dianjurkan karena kerap membahayakan warga dan menelan korban jiwa.

Dengan demikian pelaksanaan perburuan babi sedapat mungkin dilaksanakan setiap hari Minggu di daerah yang banyak hama babinya. (**)

dibaca : 40



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top