ikut bergabung

Peringati Hari Bahasa Ibu, Mahasiswa UNM Gelar Baca Puisi Berbahasa Makassar


Culture

Peringati Hari Bahasa Ibu, Mahasiswa UNM Gelar Baca Puisi Berbahasa Makassar

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM–Program Studi Pendidikan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar memperingati hari bahasa Ibu Internasional dengan membacakan sajak-sajak berbahasa daerah.

Acara baca puisi berbahasa daerah berlangsung di kampus UNM Parangtambung, Jumat (25/2). Kegiatan ini dinisisiasi mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Teori dan Apresiasi Puisi Makassar.

“Melestarikan bahasa daerah tanggung jawab kita bersama. Kita tidak bisa abai terhadap keberlangsungan bahasa daerah yang merupakan warisan nenek moyang kita dulu,” kata guru besar Bahasa Makassar UNM, Prof Dr Hj Kembong Daeng.

Kembong menambahkan kegiatan ini tentu menjadi angin segar bagi pemertahanan bahasa daerah. Apalagi diprakarsai oleh sekelompok anak muda yang sangat mencintai bahasa daerah.

Kegiatan ini dikemas secara sederhana namun penuh dengan pesan dan nilai yang terkandung dalam pementasan tersebut sebab ditampilkan berbagai kesenian dan sastra Makassar.

Di antaranya kelong, aru, paruntuk kana, pakkiok bunting, tari paddupa, dan juga beberapa lagu dilantukan di acara yang berlangsung penuh nuansa budaya.

Keseluruhan penampil dan pendukung acara menggunakan pakaian adat khas Makassar. Penampil pria menggunakan stelan jas tutup dan wanita menggunakan baju bodo. Produk kebudayaan di Sulawesi Selatan berbagai macam jenis, di antaranya baju adat yang menjadi penciri dari suku-suku yang ada di Indonesia.

Baca Juga :   Kawal Puncak HJG, Boyke Kerahkan 249 Personil 

dibaca : 127



Komentar Anda

Berita lainnya Culture

Populer Minggu ini

Arsip

To Top