GOWA, UJUNGJARI.COM — Hari Jadi Gowa (HJG) ke 704 yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa pada 17 November 2024 mendatang dipastikan akan digelar sedikit istimewa.

Selain karena HJG tahun ini jelang pelaksanaan Pilkada serentak Gowa juga merupakan HJG terakhir bagi Adnan Purichta Ichsan bersama Abdul Rauf Malaganni sebagai Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa di masa akhir jabatannya tersebut. Karena itu, HJG ke 704 ini bakal dipersiapkan lebih Wah dari HJG tahun-tahun sebelumnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sekretaris Kabupaten Gowa Andy Azis Peter selaku Ketua Panitia HJG ke 704 Kabupaten Gowa kepada BKM di ruang kerjanya, Kamis (24/10) pagi mengatakan, terkait bakal pelaksanaan peringatan HJG yang akan digelar pada 17 November 2024 tersebut, tengah dibicarakan melalui rapat kepanitiaan.

Diakui Azis, HJG tahun ini memang akan diformat sedikit beda dengan tahun sebelumnya. Salah satu alasannya karena pemerintahan Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa saat ini akan segera berakhir menyusul pelaksanaan Pilkada untuk pemilihan pemimpin baru untuk Gowa.

“Makanya kita akan kemas HJG dengan sedikit Wah atau istilahnya lebih baik. Konsep dan temanya belum ada karena saat ini kepanitiaan masih terus melakukan rapat pemantapan. Jadi mungkin nanti konsepnya sedikit beda meski tetap kami fokus pada adat budaya Gowa. Kita sedikit lebih istimewalah, ” kata Azis.

Ditanya soal rencana budget yang dialokasikan pemerintah kabupaten ntuk mengakomodir perayaan HJG ini, Azis mengatakan dirinya belum bisa menyebutkan detil karena masih dalam tahap pembicaraan di rapat-rapat panitia.

“Kemarin kita sudah rapat dan rencananya puncak HJG itu kita gelar di lapangan Sulhas (Sultan Hasanuddin). Untuk item-item kegiatan rangkaian HJG termasuk anggarannya, kami masih tahap rapat dengan melibatkan semua SKPD agar semua membuat perencanaan pembiayaan. Seperti siapa yang backup di kegiatan ini, siapa yang di kegiatan itu. Sebab sudah pasti ada kegiatan-kegiatan rangkaian seperti peresmian-peresmian proyek strategis daerah. Yang jelas setiap kegiatan rangkaian pembiayaannya pasti berbeda. Termasuk biaya untuk berapa jumlah tamu yang diundang dan lainnya,” papar mantan Inspektur Inspektorat Gowa ini.

Untuk tamu undangan, Azis menyebutkan undangan protap maupun insidentil. Baik tamu lokal seperti Pj Gubernur Sulsel dan Forkopimda Sulsel, Forkopimda Gowa, tokoh masyarakat, para pejabat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan masyarakat. Bahkan tidak menutup kemungkinan panitia akan mengundang tokoh-tokoh nasional yang berasal dari Sulsel dan Gowa.

“Yang jelas untuk konsep peringatan HJG ini kita masih bahas. Juga biar nanti beliau (bapak Bupati Gowa) yang menyampaikan nanti tentang keistimewaan yang akan dibuat di HJG nanti. Yang jelas HJG kali ini akan dikemas istimewa sebab merupakan HJG terakhir diperingati di masa kepemimpinan bapak bupati dan pak wabup, ” kata Azis.

Dikatakan Azis, inti yang diharapkan pada perayaan HJG nanti adalah bagaimana
masyarakat Gowa bisa menikmati HJG ini dan terhibur dengan berbagai kegiatan yang disuguhkan Pemkab dan bisa berkesan bagi masyarakat.

“Selama saya jadi ASN saya lihat setiap tahunnya momen HJG ini ada hal-hal istimewa. Dan tahun ini juga, HJG akan dibuat jadi berkesan oleh tamu-tamu khususnya oleh masyarakat Gowa. Dan terkait tamu-tamu nasional yang akan kita hadirkan, kita mau perlihatkan kepada masyarakat bahwa kita ini punya tokoh yang berkiprah di nasional, ” kata Azis sayangnya Sekkab Gowa ini belum mau menyebutkan siapa saja tokoh nasional asal Sulsel dan Gowa yang akan diundang nanti. –