Site icon Ujung Jari

Empat Pimpinan DPRD Gowa Dilantik, Adnan Minta Ramli Segera Bentuk Alat Kelengkapan Dewan

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pimpinan DPRD Gowa yang definitif resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Gowa Hasanuddin pada Kamis (24/10) pada pukul 10.30 Wita. Pimpinan dewan yang dilantik adalah Muh Ramli Sidik (Partai Persatuan Pembangunan) selaku ketua dan tiga wakil ketua masing-masing Hasrul Abdul Rajab (Partai Gerindra), Taufik (Partai Amanat Nasional) dan Tina Haji Tino Mawangi (Partai Nasdem).

Dalam paripurna yang dihadiri para Forkopimda serta sejumlah mantan Ketua DPRD dan Wakil Bupati Gowa serta para pimpinan SKPD dan Camat lingkup Pemkab Gowa, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meminta DPRD sebagai penyelenggara pemerintahan setara dengan pemerintah kabupaten agar segera membentuk alat kelengkapan dewan agar Pemkab selaku lembaga eksekutif segera bisa menyorongkan rancangan APBD (RAPBD) tahun anggaran 2025.

“Saya mengucapkan syukur dan selamat bekerja kepada pimpinan DPRD yang hari ini resmi sebagai pimpinan definitif. Semoga setelah pelantikan ini, dewan segera membentuk alat kelengkapannya agar kita segera bisa menyerahkan RAPBD 2025 untuk dibahas sebab saat ini sudah memasuki penghujung tahun, ” kata Adnan usai prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah empat pimpinan DPRD Gowa.

Adnan menegaskan bahwa harapannya hanya satu dimana dewan bisa segera membentuk alat kelengkapan sebagai syarat untuk segera mendorong RAPBD 2025. Diakui Bupati Gowa dua periode ini bahwa tahun ini memang tahun transisi.

Dikatakannya, harusnya Pemkab Gowa telah mendorong RAPBD 2025 paling lambat 1 Oktober lalu namun karena ada masa transisi (masa pelantikan anggota DPRD Gowa) sehingga pedoman penyusunannya juga baru keluar minggu lalu dan alat kelengkapan dewan juga baru akan dibentuk karena menunggu pelantikan ketua dan wakil ketua DPRD ini.

“Saya minta dewan terus jaga kemitraan sebab pemerintah dengan DPRD ini adalah mitra. Mitra antara eksekutif dan legislatif karena sama-sama dalam UU No 23 tahun 2014 adalah sama-sama sebagai penyelenggara pemerintah, ” kata Adnan yang hadir bersama Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni dan Sekretaris Kabupaten Gowa Andy Azis Peter.

Terkait keinginan Bupati Gowa agar alat kelengkapan dewan segera dibentuk, Ketua DPRD Gowa Muh Ramli Sidik kepada media usai paripurna mengatakan, percepatan RAPBD 2025 itu memang harus dilakukan sebab anggaran pokok 2025 harus segera diselesaikan sebelum habis tahun 2024 ini.

“Banggar (badan anggaran) dan Bamus (badan musyawarah) harus segera ada karena RAPBD tidak bisa dibahas jika tanpa melalui Banggar dan Bamus ini karena itu saya yakin kami akan segera merampungkan alat kelengkapan dewan ini. Apalagi anggaran pokok ini memang sudah harus diselesaikan dalam kurun waktu dua bulan ini, ” kata Ramli yang berlatar aktivis ini.

Dikatakan Ramli, targetnya selaku pimpinan dewan, penyediaan alat kelengkapan dewan dilakukan sesegera mungkin. Ramli mengaku yakin meski sebagian besar anggota DPRD yang terpilih adalah wajah baru namun dirinya yakin semua anggota legislatif ini bisa bekerja optimal.

“Pada DPRD ini kan sebagian besar ada teman-teman Banggar sebelumnya yang sudah naik kelas ke jenjang provinsi dan ada yang baru juga. Namun saya kira mereka semua tidak butuh adaptasi lama sebab kendati wajah baru namun ada beberapa orang yang sebelumnya adalah wajah lama yang baru kembali artinya sudah pernah menjadi anggota dewan kemudian terpilih kembali. Saya yakin mereka punya kemampuan yang baik serta memiliki kapasitas, kredibilitas serta kualitas,” jelas Ramli.

Ramli juga menaruh harapan besar pada tiga unsur pimpinan yang mendampinginya. Dimana ketiga wakil ketua adalah orang-orang yang punya pengalaman keorganisasian yang tidak bisa diragukan.

Ramli lalu menyebut Hasrul. Sosok muda itu adalah organisator juga politisi yang sedikit banyaknya sudah paham betul apa kerja dan tugas DPRD. Demikian pula Taufik yang sudah menjadi anggota dewan sebelumnya sehingga sudah punya pengalaman tentang kerja-kerja dewan. Tina juga kendati masih baru di dunia DPRD, namun Ramli yakin pengalaman kepartaian yang dimiliki politisi Nasdem itu juga tak bisa disepelekan.

“Insha allah saya yakin mereka bertiga paham betul tentang apa yang mesti dikerjakan DPRD sebagai legislatif mitra eksekutif (pemerintah),” ucap gamblang Ramli.

Dalam suasana paripurna, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sempat melucu dengan menyinggung Ketua DPRD Gowa yang baru yakni Muh Ramli Sidik. Meski sudah lama menjadi anggota DPRD, namun Ramli baru pertama kali berdiri sebagai pimpinan sehingga Adnan menitip pesan agar pimpinan dewan yang baru harus selalu belajar untuk mengatasi rasa kikuk yang ada.-

Exit mobile version